Saturday, May 3, 2008

When Your Colleague Bully You - 2 May 2008

Hari ini baru tau kalau ternyata selama ini yang saya kerjain itu kerjaan colleague saya yang dia tai qi ke saya! Pantesan saya overload.

Ceritanya, saya'kan nanganin dokumen yang berhubungan ama project, buat D/O, invoices, claims dsbnya, termasuk bikin W/O. Di company ini, kita pakai 2 macam purchase order:
1. P/O (Purchase Order) --> ini dipakai kalau kita beli barang aja.
2. W/O (Works Order) --> ini dipakai kalau kita beli barang + sewa tukang buat masang.

Nah, selama ini saya hanya pegang W/O doank. P/O sih ada colleague saya yang ngerjain. Colleague saya ini sebenarnya posisinya sebagai administrator. Tapi semenjak 'pendahulu' saya resign, jadinya kerjaan bikin P/O ini dialihkan ke dia.

Colleague saya ini udah tua. Namanya FS. Umurnya mungkin udah 50an. Udah jadi nenek dari 1 orang cucu :) Karena dia udah tua kali ya.. Jadinya dia kalau kerja ngga gitu bisa cepat. Makanya beberapa orang project suka sebal. Mereka butuh barangnya cepetan, tapi dia belum bikin P/Onya.

Sampai suatu kali.. Manager saya suruh dia buat P/O. Biasanya para manager bakalan tulis di kertas, barang apa aja yang mau mereka pesan n dari supplier mana pesannya. Nah, seperti biasa, mereka kasih si FS. Tapi ngga berapa lama, dia kasih kertas itu ke saya. Saya yang ngga tau apa-apa, otomatis nanya ke manager saya donk. Nah, manager saya ini marah. Dia bilang, "Gua kasih ke dia, kenapa dia malah kasih ke kamu?".

Manager ini marah n langsung pergi ke si FS. Ga berapa lama, dia balik.. masih dengan BT. Dia bilang, si FS nolak bikin P/O n suruh saya! "Selama ini dia yang bikin, ngga ada masalah. Sekarang malah dilempar ke kamu. Jadi kerjaan dia apa??". Manager saya dah BT n ngadu ke Group General Manager (GGM). Dia bilang, "Saya kasih si FS untuk kerjain P/O. Eee.. dia malah kasih ke si Susan. Kalau gitu, kerjaan dia apa??". Kebetulan, GGM saya juga ngga gitu suka ama si FS.

Kemudian mereka berdua ceritanya mo ngadu ke Deputy Chairman. Eee... balik-balik, manager saya dengan BTnya bilang, "Untuk selanjutnya.. Semua kamu yang kerjain.." @0@!!!

Dan.............. dimulailah hari-hari overload nan padat :'(. Sempat BT juga soalnya waktu saya cek di job description saya, disana ga pernah ditulis kalau saya harus bikin P/O!! Tapi karena Deputy Chairman udah bilang begitu, dan manager n GGM juga ngga bisa apa-apa... ya uda.

Saya sih bersyukur karena punya manager n GGM yang baik. Gile... sampai masalah ini diaduin ama Deputy Chairman demi saya ngga ditindas ama si FS. Walaupun hasilnya ngga sesuai yang diharapkan, dan si Deputy Chairman malah mendukung FS, tapi bersyukur aja at least mereka udah berusaha memperjuangkan hak saya :P

Tapi Tuhan ngga membiarkan ketidakadilan ini berlangsung lama-lama :P. Nah, sampailah dimana suatu hari si FS lagi cuti, dan GGM saya lagi pergi. Dan karena saya butuh tanda tangan si GGM, ya.. saya minta si Finance Manager untuk counter sign. Kebetulan P/O saya ini amountnya ngga gitu gede. Pas dia liat, dia bilang.. kok Term & Condition buat P/O-nya salah. Yang saya pake kok Term & Condition buat W/O.

Disana Finance Manager saya juga bertanya-tanya. Kenapa kok saya yang bikin P/O, bukan si FS. Saya bilang aja, kalau selama ini memang saya yang bikin! Hanya, kalau untuk import, masih dihandle ama si FS.

Sebenarnya dulu hampiiir aja saya disuruh handle import juga!! Kan nomor P/O buat import dan lokal beda. Nah, saya ngga tau nomor P/O import. So, waktu itu saya tanya dia,

Me : "Eh, kenapa ya.. nomor P/O ini beda ama yang biasa?".
FS : "Oh, yang ini buat import. Hmm... saya harus ajarin kamu..."

Disana saya udah tau! O..o... Ini orang mau taiqi kerjaan lagi!

Me : "Ok deh, ntar aja. Saya ada something yang urgent.."

Dan saya langsung kaburrr................ hahaha! Semenjak itu, untuk pembelian lokal, saya yang pegang. Tapi kalau import, dia yang pegang.

Fiuhhh... Untung saya cepetan kabur. Kalau ngga.. walaaaa bakalan overload buangett!! Apalagi import'kan lebih susah! Harus perhatiin shipments dsbnya!

Anyway... apa yang diomongin ama si Finance Manager bikin saya kaget juga...

FM: "Kamu seharusnya HANYA pegang W/O aja. P/O harusnya itu tanggung jawab si FS, mau lokal atau import".

Me : "Tapi ini keputusannya si Deputy Chairman yang bilang bahwa by right emang saya yang harus urusin semua".

FM: "Si Deputy Chairman ngga tau kamu kerjaannya ngapain. Tapi kamu'kan banyak kerjaan. Kalau semua ditimpain ke kamu, kamu juga bakal kerepotan'kan?"

Me: "Iya"

FM: "Saya udah bilang ke si FS. P/O harus dia yang urus. W/O harus kamu yang urus. Kecuali kalau si FS lagi sibuk n ga bisa handle, nah... baru dia boleh minta bantuan ke kamu. Waktu itu si FS bilang kalau dia ngerti dan ok ok. Saya ngga tau kalau ternyata FS ngga ngomong apa-apa ama kamu.... Ternyata selama ini kamu yang ngerjain.."

Gileeee........................ Beneran dikerjain gua! -_-!!!

FM: "Nanti Senin kita rapat deh. Kamu dan FS harus ikut. Kita akan bicarakan pembagian tugas kalian biar lebih jelas".

Horeeee :D. Lepas dari beban hehehe...

Semoga di rapat itu semua ok. Semoga emang keputusan akhirnya saya cuma pegang W/O :D. Amin..

No comments: