Tuesday, March 18, 2008

Palm Sunday - 16 Mar 2008

Hari ini Minggu Palma / Palmarum (memperingati Tuhan Yesus masuk ke Yerusalem).

Pas kita mau masuk Chapel, selain dibagiin warta gereja, kita juga dibagiin daun palem. Ada ukuran besar, sedang dan kecil (buat anak-anak :D). Harganya $58 untuk 200 daun palem sedang/kecil, sudah termasuk ongkos kirim :)

Selama pujian dan liturgi, kalau ada kata 'Hosanna', kita melambaikan daun palem. :)

Lucu juga, saya baru pertama kali ngerayain minggu palma di GPBB. Dulu di Indo, ga pernah. Malah saya ga tau ada yang namanya Minggu Palma.

Yang jadi liturgosnya..... Wolfie :D



Ada persembahan pujian juga dari Paduan Suara anak-anak, PS Nafiri :D.


Selain itu juga, hari ini penampilan skit Paskah yang terakhir.

Selama minggu-minggu pra-Paskah (total 6 minggu), di GPBB ditampilkan skit Paskah. Setiap minggu skitnya bersambung, tapi disesuaikan dengan tema.

Minggu Pra-Paskah 1: Berawal dari Nafsu - 10 Feb 2008 (Puppet Team)
Cerita skit-nya dimainkan lewat puppet. Sayang... saya ngga bisa nonton karena lagi di Indo :(

Bercerita tentang seorang gadis bernama Adel (nama lengkapnya: Adelangpao) yang kesengsem ama 1 cowo kaya, ganteng, bodynya ok, bernama Martin (nama lengkapnya: Martinus Kayakuskus). Dibalik "kesempurnaan" Martin, ternyata dia bukan orang Kristen..

Ini dia neh 2 tokoh utama kita: Adel dan Martin :)



Nah, mamanya Adel ga setuju kalau dia jadian ama Martin. Mamanya sih lebih suka kalau dia jadi ama si Cecep. Cecep mungkin ga "sesempurna" Martin, tapi dia anaknya baik, rajin ke gereja dan rajin pelayanan. Ada yang tertarik? :P. Cecep masih single lhoo.... why? Soalnya si Cecep ditolak cintanya ama si Adel karena Adel lebih memilih Martin yang kaya dibandingkan ama si Cecep yang ..........'kaya di hadapan Tuhan'. (Gile... gua nulis apaan sih -_-!)

Anyway, sementara si Cecep patah hati, Mamanya Adel bohwat ama putrinya, eee... Adel malah happy-happy ama Martin ...bersambung..

Btw.. Kita dari tim dekor punya konsep mendekor Chapel disesuaikan ama tema :)
Cukup berkesan juga untuk pendekoran minggu Pra-Paskah pertama ini, soalnya banyak dari tim dekor yang balik Indo dalam rangka CNY (termasuk saya ;P). Jadinya, kita dekor 1 minggu dimuka, mumpung pada belom balik :P.
Hasilnya? Well... kita dekornya agak brutal sih, harus diakui... Rencananya'kan ruang Chapel mau dihias ama kain ungu (permintaan dari Ibu Ketua Paskah, yang juga suka buanget ama warna ungu). Nah, masalahnya, gimana pasang kain ungunya? Lakban, paku payung sampai double tape pun dikerahkan dan dinding Chapel pun jadi korban -_-!
Sesudah 2 jam bekerja.. Hasilnya ok, tapi..... ga tau bakal bertahan ampe berapa lama. Daaan, benar aja! Pas saya balik Indo baru ketahuan kalau Jumat or Sabtunya itu dekor dah pada jatuh -_-! Untung Didit come to the rescue! Jadinya pas Minggu itu dekor bisa bertahan ampe khotbah beres :D
Kita dekornya di kiri kanan Chapel. Yang gambar Tuhan Yesus dan orang ini kita taro di sayap kanan Chapel. Beberapa fotonya emang agak blur karena pake kamera HP.



Kita usahain supaya untuk gambar di sayap kanan ini hanya berubah dikit-dikit, biar kita gampang dekornya, ga perlu berubah secara ekstrim tiap minggunya. Soalnya banyak dari tim dekor yang bakalan exam, jadi mungkin bakal ga dekor dulu untuk beberapa minggu kedepan.
Yang untuk sayap kiri Chapel, kita pakai gambar yang bakal berubah-ubah tiap minggunya sesuai dengan tema. Kita juga usahain kalo dekornya ga berubah terlalu banyak.. Tapi emang kalau yang ini kita harus put more effort lah dibandingin ama yang sayap kanan.

Hehehe... Ini gambar Adam dan Hawa. Siluetnya itu dibuat dengan cara motret orang beneran dan kita siluetin fotonya menggunakan Adobe Photoshop :P. Tinggal diprint n digunting :D. Thanks untuk errr... para model yang namanya ngga mau disebut ;P
2 Cahaya berbentuk kotak itu sebenarnya jendela yang kita tutupi ama kain :)
Minggu Pra-Paskah 2: Pahitnya Dosa - 17 Feb 2008
Nah, from now onwards, skit-nya dimainin ama orang asli :)

Akhirnya setelah berpacaran dengan Martin sekian lama, Adel dan Martin pun menikah. Segala kebutuhan materi Adel terpenuhi. Rumah mewah, mobil pribadi, kartu kredit pribadi, jalan2 keluar negeri, dll. Adel minta apa saja, pasti Martin kasih. Mereka pun hidup bahagia dan dikaruniai seorang anak perempuan. Hmm.....bahagiakah?
Ternyata ngga juga... Martin selingkuh! Dan dia ga merasa bersalah mengakuinya! Dia bilang kalau selingkuh'kan lagi ngetrend -_-! Bagi Martin, asal dia sudah memenuhi kewajibannya, memberikan materi yang Adel perlukan, ya udah cukup. Persoalan dia mau main cewe dsbnya.. itu hak dia, toh dia udah memenuhi kewajiban dia -_-!



Skit diakhiri dengan Martin yang pergi dari rumah malam-malam (entah kemana..) sementara Adel hanya duduk menangis sambil menyesali.. "Kenapa semua jadi begini? Apakah aku telah salah memilih? Dulu waktu masih pacaran, aku ga mau denger nasehat papa sama mama. Aku merasa aku tahu yang terbaik. Mungkinkah mereka yang benar? " ...bersambung..

Ada kejadian menarik. Jadi ceritanya sesudah kebaktian selesai, ada 1 oma-oma yang ngedatengin teman saya yang berperan sebagai Adel dan dia bilang, "Aduh de, kasihan ya kamu.. Jangan bertengkar dong. Ngga baik.." Hahaha! Ternyata akting teman saya itu begitu meyakinkan ampe oma-oma itu kira beneran :D

Nah ini dekor Chapelnya. Untuk sayap kanan, udah mulai terjadi keretakan hubungan ama Tuhan.


Dan untuk sayap kiri, Hawanya udah pegang buah apelnya.
Itu gambar Hawanya cuma dibalik lhoo... Biar gampang. Susah'kan kalau tiap minggu harus rombak dekor :)
Minggu Pra-Paskah 3: Hancurnya Sebuah Harmoni - 24 Februari 2008
Setelah Adel tahu kalo Martin ternyata berselingkuh, hatinya begitu sakit. Dia semakin tenggelam dalam kesedihannya, rumah tangga mereka hancur. Martin sekarang semakin jarang pulang, tidak peduli dan berubah, bahkan terhadap Thea, anak mereka. ...bersambung..



Scene ini dimainkan oleh Adel saja (monolog). Wah... yang meranin Adelnya bner-bner harus pintar berakting biar perasaan kecewa, sedih dan merasa hancur itu tersampaikan ke penonton :)

Dekor sayap kanan sekarang menggambarkan adanya jurang pemisah antara manusia ama Tuhan.



Dekor sayap kiri menggambarkan Kain dan Habel.
Model untuk Kain dan Habelnya itu 1 orang lhoo.. Dan dia juga jadi model buat Adam. Hahaha! Jadinya kita hanya pakai 2 model doank :P.
Minggu Pra-Paskah 4: Bagai Kuda Lepas Kendali - 2 Maret 2008
Keputusasaan dan perasaan malu atas apa yang terjadi dalam rumah tangganya membuat Adel tidak mau menghubungi orang tua ataupun sahabat-sahabat lamanya. Tidak sadar dia mulai terjebak dalam lingkungan yang kurang baik.
Sewaktu Adel pergi ke pesta ulang tahun salah satu temannya, dia banyak minum minuman keras. Dia juga mencoba semacam pil penenang sampai akhirnya pingsan (penulis naskah ngotot kalau yang diminum Adel itu BUKAN ecstasy dan semacamnya..) -_-!

Adel terbangun di rumahnya. Disampingnya sudah ada mamanya yang menemani dia.


Mamanya yang curiga melihat keadaan Adel pun bertanya tentang masalah mereka. Merasa sudah tidak bisa menutup-nutupi lagi, Adel akhirnya menceritakan konflik rumah tangganya tsb.

Adel merasa terpuruk.. merasa bahwa semuanya sudah terlambat. Yang ada hanyalah penyesalan... "Apa yang telah aku lakukan? Mengapa semuanya malah jadi begini?" ...bersambung..
Di akhir skit, Solois (Ming2) menyanyikan lagu:
Jesus Will Still Be There
Written by: Robert Sterling

Things change, plans fail
You look for love on a grander scale
Storms rise, hopes fade
And you place your bets on another day
When the going gets tough
When the rides too rough
When you're just not sure enough

chorus:
Jesus will still be there
His love will never change
Sure as the steady rain
Jesus will still be there
When no one else is true
He'll still be loving you
When it looks like you've lost it all
And you haven't got a prayer
Jesus will still be there

Time flies, hearts turn
A little bit wiser from lessons learned
But sometimes, weakness wins
And you lose your foothold once again
When the going gets tough
When the rides too rough
When you're just not sure enough

(repeat chorus) (2x)

When it looks like you've lost it all
And you haven't got a prayer
Jesus will still be there

Btw, dekor untuk minggu ini agak err... keteteran, soalnya saya emang dah bilang ga bisa ikut dekor. Dan ada beberapa orang lainnya juga yang berhalangan. Alhasil....hanya 2 orang yang ngedekor -_-! Maap... gomenasai... Thank u yah Cit2 n Doraemon! Untung ada kalian huhuhu...
Hasilnya ok looh. Dekor sayap kanan ga gitu banyak berubah. Paling jurangnya diperlebar aja :)
Dekor sayap kiri tadinya mau bentuk tangan pegang bola dunia yang retak. Tapi karena.... agak keteteran, jadinya bentuk gini (agak berbeda ama konsep). Ok juga'kan? Ini dikerjain cuma ama 2 orang lho!! Good job, Cit2 n Doraemon :D
Minggu Pra-Paskah 5: Kasih Di Balik Penghukuman - 9 Maret 2008
Adel merasa bahwa hidupnya sudah tidak berarti. Hubungan dengan suami dan teman-temannya sudah hancur. Bahkan, ia pun sampai menyia-nyiakan hidupnya dengan minum minuman keras dan menelan obat-obatan untuk menghilangkan semua perasaan depresinya. Masihkah ada harapan dan pengampunan bagi dirinya?

Suatu malam, Thea - anak mereka - masuk ke kamar Adel dan menghibur Adel yang sedang sedih.

Thea mengingatkan Adel akan kasih Tuhan, melalui lagu:

Trust His heart
Written by: Babbie Mason and Eddie Carswell

All things work for our good
though sometimes we can't see how they could.
Struggles that break our hearts in two
sometimes blind us to the truth.

Our Father knows what's best for us;
His ways are not our own.
So, when your pathway grows dim,
and you just can't see Him,
Remember He's still on the throne.

God is too wise to be mistaken.
God is too good to be unkind.
So when you don't understand,
when you don't see His plan,
when you can't trace His hand,
trust His heart.
He sees the Master plan.
He holds the future in His hands.
So don't live as those who have no hope.
All our hope is found in Him.
We walk in present knowledge,
but He sees the first and the last.
And like a tapestry, He's weaving you and me
to someday be just like Him.

God is too wise to be mistaken.
God is too good to be unkind.
So when you don't understand,
when you don't see His plan,
when you can't trace His hand,
trust His heart.

Disini Thea nyanyi bareng PS Magnifikat. Pas awal-awal... kok suara Thea-nya double? Ternyata.... Anak yang meranin Thea ngga PeDe, jadi dia minta nyanyinya ditemanin ama temannya. Tapi karena hanya dia yang bakal tampil di panggung, jadi temannya nyanyi dari bangku penonton XD.

Nah, sesuai tema, dekor sayap kanan udah pake salib yang menghubungkan manusia dengan Tuhan :)

Sayap kiri gambarnya bahtera Nuh rancangan Didit :)


Minggu Pra-Paskah 6: Awal Sebuah Pembaharuan -16 Maret 2008
Adel mulai merasakan kasih Tuhan dibalik semua kepahitan yang melanda hidupnya. Adel juga merasakan bahwa Tuhan mendengarkan doa-doanya dan tidak meninggalkan dirinya. Ia pun bangkit dari dari kesedihannya dan bersandar penuh kepada Tuhan. The End
Skit ini ditutup dengan 1 lagu:

You Know Better Than I
Ost. Joseph King of Dreams

I thought I did what's right
I thought I had the answers
I thought I chose the surest road
But that road brought me here
So I put up a fight
And told you how to help me
Now just when I have given up
The truth is coming clear

Chorus 1:
You know better than I
You know the way
I've let go the need to know why
For You know better than I

If this has been a test
I cannot see the reason
But maybe knowing
I don't know is part of getting through
I tried to do what's best
But faith has made it easy
To see the best thing i can do
Is to put my trust in You.

Chorus 2
For, You know better than I
You know the way
I've let go the need to know why
For You know better than I

Coda:
I saw one cloud and thought it was a sky
I saw a bird and thought that I could follow
But it was You who taught that bird to fly
If I let You reach me
Will You teach me.
(Repeat Chorus )
For, You know better than I
You know the way
I've let go the need to know why
I'll take what answers you supply
You know better than I
Lagu yang bagus :). Sayang... Ada beberapa pihak yang ngga setuju dengan pemakaian lagu ini. Katanya ini lagu yang.. "ga jelas" apakah rohani atau sekuler. Kata "you" disini itu siapa?

Well... ngga bisa karena 1 lagu ngga menyebut kata "God" or "Jesus", lalu kita bilang lagu tersebut adalah lagu sekuler. Beberapa lagu seperti "Above All" juga ngga menyebut kata tsb didalamnya, tapi kita tetap menggolongkannya ke lagu rohani'kan..
Nah, ini dia dekor sayap kanan. Manusia akhirnya bisa bersama Tuhan lagi :)


Yang ini dekor sayap kiri. Oya, ada 1 jemaat yang minta dekor ini untuk ditempel dikamar anaknya. Sayang... disampein ke sayanya terlambat, dekornya dah keburu dibuang -_-!
Yang bikin pelanginya Didit :). Bagus :D

Anyway... demikianlah rangkaian acara minggu Pra-Paskah :).
Salut dengan kerjasama tim acara yang bisa come out with that idea.. Bikin skit yang bersambung dan sesuai dengan tema itu nda gampang lhooo...

Salut juga dengan para pemain skit. Oya, yang meranin Adelnya ada 2 lho.. Soalnya kalau cuma 1, kasihan kalau harus main di 2 kebaktian. Tapi ga apa-apa deh. Dua-duanya talented banget! Wah... kalau ada pencari bakat di tengah jemaat, mungkin yang meranin Adelnya udah direkrut jadi pemain sinetron :P

Saya hanya taro foto dari skit di KU 2. Pemain Adelnya bakal pergi ke Swiss untuk kerja... dan mungkin bakal stay disana :(. Sedih... Tapi semoga dimana pun dia berada, Tuhan tempatin dia dan menjadikan dia berkat untuk sekelilingnya...

Dia pertamakali main skit deh kayanya... Soalnya banyak yang ngga nyangka kalau dia bisa akting sebagus itu!! Yah... telat deh nyadarnya -_-! Pas tau, eee... dia udah keburu mo pergi ke Swiss :'(.
Semua foto skit dan lainnya diambil oleh salah satu fotografer GPBB, Pak Boedi Arjanto... Bisa lihat foto selengkapnya di http://www.pbase.com/boedi/prapaskah08
Kalau foto dekor, sebagian diambil ama teman saya pake kamera HP, sebagian lagi dari Pak Boedi Arjanto.
Senang... akhrinya dekor mendekor Chapel sudah selesai sampai disini :D. Senang juga karena dekornya bisa berguna buat Power Point Preacher Budianto waktu pembawaan Firman Tuhan :D. Sekarang tinggal pusing mikirin dekor buat Sabtu Sunyi T_T

No comments: