Monday, March 24, 2008

Holy Saturday - 22 Mar 2008

Hari ini Sabtu Sunyi.

Acaranya seh mulai jam 6.00pm, tapi saya jam 2.00pm udah sampe gereja n langsung kerjain dekor. Kata ko Budi, kartu komitmen disalib utama pada jatuh :(. Udah saya duga, but never mind....bisa dibenerin. Maklum'lah.. Tiap kartu komitmen ditempelin paku sih (yup! Paku asli :D), jadi berat. Ga akan kuat kalau hanya disangga ama double tape.

Kita beres dekor jam 16.30pm. Udah gituh...makan roti (yg dibeliin ama Chief Jongos - Tim logistik). Ngga lupa foto-foto dulu sebelum kartu komitmen disalibnya pada diambil orang :P



Biasanya kalau Sabtu Sunyi suka ada drama. Itu kalau tahun-tahun lalu. Nah, tahun ini tadinya tim pengerja pada mikir.. lebih baik Sabtu Sunyi jadi kebaktian biasa aja dhe. Ngga usah diadain acara apa-apa. Biar jemaat bisa lebih merenung.

Tapi dari tim acaranya insist mau adain acara Sabtu Sunyi, dalam bentuk kebaktian reflexi. Jadi emang ngga akan ada drama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Awalnya tim pengerja sempat ragu, tapi sesudah dipertimbangkan (sekaligus pasrah ;P), maka tim pengerja pun menyerahkan acara Sabtu Sunyi ke tangan tim acara Paskah.

Hasilnya? Ngga mengecewakan :D. Respon dari jemaat positif banget! Mereka bilang kalau acara ini beda ama tahun-tahun sebelumnya, dan dekornya juga mendukung. Eits.. itu bukan berkat tim dekor lho... Kan konsepnya dari tim acara :)

Ini dia liputan Sabtu Sunyi :P

Ruangan dibuat remang-remang supaya suasananya bisa mendukung untuk perenungan Firman Tuhan. Jemaat ada yang duduk di tikar, dan juga di bangku.



Didepan sudah 3 buah salib dengan salib utama yang dipenuhi oleh kartu komitmen. Sesudah dibenerin dikit, salibnya siap untuk dihidangkan...eh maksudnya.. ditampilkan :P


Lubang didepan salibnya kaya sumur yah? Itu tong sampah buat buang kartu komitmennya ;P

Disetiap sudut ruangan, kita taruh lilin.


Lilin yang dipakai adalah lilin pipih yang dialasi dengan piring sterofoam yang udah dipotong pinggirnya.



Penataan lilin dilakukan dengan cara menaruh kardus kosong ataupun yang ada isinya, yang kemudian ditutupi dengan kain. Dalam hal ini, kain yang digunakan adalah kain yang dipakai buat dekor di Chapel hihihi ;P

Bagus'kan? Jadinya berundak-undak gituh :D



Karena salah satu sudut ruangannya ada piano, jadi lilinnya ditaruh diatas piano. Ceritanya mau bereksperimen dengan tempat lilinnya hehehe.... Beberapa lilin ditaruh didalam gelas plastik yang udah dipotong setengah n dibentuk.

Ternyata susah juga -_-! Akhirnya cuma buat 4 buah aja :P



Waktu kebaktian belum dimulai, banyak anak-anak didalam ruangan. Padahal rencananya kebaktian ini dipisah dengan anak-anak. Mereka lari-lari dekat lilin, saya udah takut aje. Para orang tua juga kelihatannya ngga takut gimanaa gitu. Iih.. apa mereka ngga takut kalau sampai anaknya main api?? -_-!

Saya sih udah takut, makanya langsung bilang ke penyambut kalau ada anak kecil, jangan diijinkan masuk ruangan. Emang kesannya jahat banget, tapi daripada ada korban, how? Lagian emang untuk anak-anak bakalan ditempatin di ruangan terpisah dan sudah disediakan aktifitas dari guru SM.

Tapi ama MC-nya juga dibilang, kalau para ortu ga mau anaknya di ruangan lain, bisa jaga mereka supaya ga lari-lari karena banyak lilin. Teman saya udah pada bercanda. Katanya kalau ada apa-apa, udah ada fire extinguisher didekat pintu dan didekat WC -_-!

Acaranya sendiri cukup unik. Ada pembacaan puisi yang dilakukan oleh 3 orang (2 cewe + 1 cowo). Kemudian ko Budi mengundang jemaat untuk maju satu persatu ke depan mengambil kartu komitmen di salib utama sambil menyanyikan lagu 'Di Muka Tuhan Yesus'. Sesudah itu ko Budi mengajak jemaat untuk merenungkan penderitaan Tuhan Yesus di kayu salib.



Kartu komitmennya sendiri cukup unik. Di bagian depannya ditempeli paku (paku beneran lho). Dan ko Budi menyuruh kita untuk merasakan kesakitan Tuhan Yesus dari skala kecil, yaitu dengan menusukkan paku tersebut ke telapak tangan kita. Ga perlu ampe berdarah-darah sih, asal bisa kerasa gimana sakitnya.

Kemudian kita disuruh menulis dosa-dosa kita di kartu komitmen tsb (ada 1 lembar yang bisa disobek dari kartu komitmennya). Dilanjutkan dengan menulis komitmen kita. Seudah itu, bagian dimana kita menulis dosa-dosa tsb disobek n kita kembali diundang untuk maju satu persatu ke depan untuk membuang 'dosa' kita itu di lubang (tempat sampah) di depan salibnya, diiringi kembali dengan lagu 'Di Muka Tuhan Yesus'.

Paku yg tadi dipake buat nusuk telapak tangan kita itu dijadiin kenang-kenangan hehe.. Tapi yang punya saya ilanggg!! huaaaaaa............... :'~~~O

Di kebaktian reflexi ini juga kita diajar Lectio Divina dari Mazmur 51. Apa itu Lectio Divina? Kalau mau tahu artinya, bisa click disini http://simplysuhandy.blogspot.com/2007/06/lectio-divina_08.html#links :)

Pulangnya ketemu Cai. Dia datang ama Yp, kokonya n cici ipar. Bagus deh. Hopefully kokonya mo ke greja lagi.

Oya, seudah kebaktian ada dinner bareng. Makan nasi kotak dengan sayurnya yang pedas-pedas tapi enak :)~~~. Tapi... masih batuk nih!! Gimana dong? Pengen makan, tapi lagi batuk. Tapi pengen... tapi batuk... tapi pengen... tapi batuk...

..............................

Yah, apa daya.. roh memang penurut, tetapi daging lemah :P. Akhirnya saya tetap makan (mmm.... enakkkk :D), dan seudahnya langsung minum obat batuk (kayanya ga bakalan mempan deh -_-!)

Sempat foto-foto juga ama Wolfie :D




Pulang gereja, saya nginep ke tempat Yy di Redhill. Fyi, itu bukan rumah Yy, tapi rumah Jjs - takut yang punya rumah protes hihihi ^^.

Saya tidur di kamar Yy. Huaa....udah jam 11 malam tapi blom dekor lilin Paskah buat besok!! Akhirnya saya kerjain ampe jam 12 malam.

Tadinya mau ukir pake obeng, tapi kata Jjs obengnya bakalan jadi tumpul, akhirnya Yy kasih pinjem cutter...eee ga bisa, susah, akhirnya pake gunting. Lumayan bisa tapi tetap repot. Ya udah kepaxa pake glitter glue langsung... bari meleber pula -_-!

Jam 12 kita bobo. Duh, mana besok harus bangun subuh pula.
Tadi dikasih nasi 2 kotak. Tadinya mau buat koko n cicinya Jjs tapi ga jadi. Pas dah di ranjang n lampu dah dimatiin,


Yy : "San, nasinya ga mo taro kulkas?"
Me: "...ga deh y, bsok aja..."
Yy : "haha..malas yah"
Me: " iyeh.., udah anget..." (di dlm slimut -_-!)

Nite.. nite... Besok harus bangun pagi!! Huaaa......

No comments: