Sunday, March 23, 2008

Good Friday - 21 Mar 2008

Hari ini Jumat Agung.

Pagi-pagi bantuin cari bahan untuk papernya Wolfie. Dan...jadinya pas passsan sampe ke gerejanya -_-!

Hari ini mengenang kematian Tuhan Yesus di kayu salib, jemaat dihimbau untuk memakai baju hitam. Jadi pas sampai di gereja, kelihatan semua panitia Paskah, penyambut, MC, pemusik sampai PS Magnifikat pada 'hitam-hitam'.

Ayo semua bilang 'dodol...' XD



Pas saya sampe gereja, Wolfie lagi ngetik pake laptopnya. Duduk di paling belakang. Poor Wolfie.. Papernya belum beres dan harus disubmit secepatnya. Tapi dia harus tetap ke gereja karena hari ini ada Perjamuan Kudus sih, jadi dia tugas (kan dia majelis jemaat..).

Sebelum Perjamuan Kudus dimulai, ada semacam dialog antara Pak Ayub dengan seorang anak tentang apa makna Perjamuan Kudus.

Sang anak mungkin lagi mikir, "Ini dibacanya apa ya??..." (Maklum, anak-anak Indo yang sekolah di SG'kan lebih lancar bahasa Inggrisnya ketimbang Indo)



Bagus juga ada dialog seperti ini, supaya anak-anak tahu apa itu Perjamuan Kudus. Jadi ingat dulu.. Waktu masih kecil, saya juga suka ikut ortu saya kebaktian umum. Pas Perjamuan Kudus, yang saya tahu hanya saya ga boleh ambil roti dan anggurnya karena saya belum dibaptis, tanpa tahu makna sebenarnya dibalik Perjamuan Kudus itu sendiri.

Pas Pak Ayub nyalain lilinnya...baru nyadar! Kok lilin segede geblok itu masih polos! Oh no...saya lupa hias -_-!!! Emang sih, N-n udah minta saya hias lilin. Tapi dia bilangnya lilin Paskah lee! Bukan Jumat Agung....



Sesudah penyalaan lilin, Perjamuan Kudus pun dimulai.



Anyway, selesai kebaktian, saya buru-buru kasih tau ibu ketua Paskahnya. Minta maap gituh. Saya bilang kalo saya kirain lilinnya itu bakal dipake minggu. Eee dia bilang kalo emang minggu juga ada lilin. Berarti... itu bukan salah saya hahaha!

Kebaktian hari ini cukup spesial juga. Ada orkestranya n ada mini harpa juga hehe..... Keren ajah orkestranya melibatkan harpa :). Yang mainnya, sang ibu ketua Paskah, N-n. Dibilang mini harpa tapi ga mini-mini amat -_-! Masih aja gede, dan harus diangkut ama taxi.

Ini dia neeh para pemain orkestranya. Ada 1 yang bukan anggota GPBB, coba tebak yang mana hihihi....



Ada juga pembacaan ayat Alkitab. Ga hanya sekedar dibaca, tapi juga di'expresikan' (duuh.. gimana ya ngomongnya -_-!)



Mereka harus hafal ayat dari Roma 6:1-14 dan dari Galatia 2:19-20. Total 16 ayat yang harus dihafal dan dibacakan secara bergantian. Ada beberapa ayat yang mereka baca bersamaan.

Ck ck ck... bisa hafal ayat sedemikian panjang ga mudah lhoo... Hebat hebat :)

Pulang kbaktian, dilanjutkan dengan dekor buat Sabtu Sunyi. Sebenarnya kalau public holiday, sebaiknya ga ada acara lain selain acara utama. Jadi.. sempat ada err... pembicaraan yang "hot" mengenai hal ini.

Karena ada beberapa pihak yang melarang kita dekor seudah Jumat Agung, kasihan ama UJ - caretaker gereja kita. Tapi seudah konfirmasi ama UJ, ternyata kongregasi Inggris juga ada acara Jumat Agung ampe malam (KKR gede-gedean katanye), jadi dia bakalan stay ampe malam. Tapi tetap aja ada yang bilang sebaiknya dekornya besok, karena walaupun UJ bakalan tetap OT, tapi ya... sebaiknya kita jangan nambahin beban dia, besides... it's a public holiday.

Tapi panitia Paskah berusaha memperjuangkan agar kita tetap bisa dekor, soalnya kalau kita dekornya besok, dan acaranya dimulai jam 6.00pm, ga bakalan keburu!! Moso mo datang pagi-pagi, seharian dekor n dilanjutkan ama acara? Kasihan dong ama yang dekornya.. keburu kecapean sampai sore. Ntar malah ngga bisa menghayati makna Sabtu Sunyi. Atau tetap menghayati tapi dengan makna yang berbeda? (Misalnya: Sabtu Sunyi = bobo di gereja pas khotbah ;P)

Anyway... salut ama ibu N-n. Akhirnya kita disetujui untuk bikin dekor seudah kebaktian Jumat Agung. Dengan catatan: hanya dekor aja yang diperbolehkan, kegiatan gereja lainnya tidak diperbolehkan / ditunda dilain hari. Soalnya dekor ini'kan sifatnya mendesak. (Soalnya sempat ada rencana ngadain rapat something oleh beberapa pihak tertentu ^^).

So.. kita mulai dekor di MPH. Wiiih, mengeluarkan sepasukan org hahaha! Ngga cuma anggota dekor doank.

Konsep dekor yang diberikan oleh tim acara:
1. Ruangan mau dibuat agak temaram
So tim acara bakal mematikan sebagian besar lampu di MPH, dan lampu lainnya yang bakal dibiarin nyala bakal kita wrap dengan plastik orange.

2. Untuk panggung, backgroundnya mau pakai kain hitam
Yang ini beres, dibantu ama UJ.

3. Ada 3 salib di bukit Golgota
Kita pinjam salib kayunya dari kongregasi Mandarin. Ada 2 salib, dan keduanya udah patah penyangganya -_-! Tapi untungnya salibnya tinggi, jadi bisa disangga ke tembok dan langit-langit. Kata UJ, ada 1 salib yang dipatahin ama kongregasi Indo -_-!! Ups... masih untung kongregasi Mandarinnya ga kapok kasih pinjem ke kita lagi....
Untuk bukit Golgotanya, kita pakai kertas coklat yang diremas-remas n dipilox. (Tim logistik had a great time meremas-remas dan memilox.. Sepertinya malah ada yang ketagihan milox -_-!)

4. Salib yang ditengah bakal ditempelin kartu komitmen.
Rencananya, jemaat bakalan maju satu persatu untuk ambil kartu komitmennya di salib tersebut. Untungnya, kongregasi Mandarin hanya punya 2 salib kayu (yang cukup tinggi sampai ngga bisa diberdiriin karena langit-langit MPHnya lebih pendek daripada salibnya). Dan kita nemuin 1 salib pendek dari kardus. Katanya sih itu milik kongregasi Indo :D. Tapi karena warna ketiga salib tsb ngga sama, akhirnya kita harus wrap semua salib tsb dengan kertas coklat.

5. Di depan salib utama, ada tong sampah.
Nah, jemaat'kan maju untuk ambil kartu komitmen. Didalam kartu tersebut jemaat akan menuliskan dosa apa yang sudah mereka lakukan. Kemudian, mereka akan maju kembali dan merobek dan membuang kartu tersebut didepan salib utama. So.. kita taro 1 tong sampah didepan salib utama dan menutupinya dengan kertas coklat buat bukit Golgota hehehe....

6. Jemaat sebagian akan duduk di tikar, sebagian lagi di bangku.
Ok, sekian konsepnya.. Kita langsung mulai dengan menghias lampu dan membungkus salib kayu :)



Dalam 2 jam, bisa beres 60% dekornya. Bagus lah. Besok mau diterusin lagi :).

Tim acara bilang, mumpung dekornya udah beres, napa ngga pasang tikar aje langsung. So... kita pel lantai MPHnya dulu. Tim logistik pun turun tangan. Bantuin UJ ceritanye :)

Yang lucu, tim logistiknya ada yg bilang, "Gile, gua di rumah aja ga pernah ngepel. Ini di gereja malah ngepel" hahaha... XD. Bagus'lah, harus ada yang memulai'kan? :P


Btw... kok cuma cowonya doank yang ngepel yah? hihihi...

Ini dia neh tim kerja kita :D (Lihatlah wajah-wajah kucel itu....). Saking capenya, tim logistik ampe lemas nda bisa berdiri n harus disangga ama pel...


Bercanda kok ^^, moso badan segede gituh bisa 'tumbang' gara-gara ngepel ;P

Oya, hari ini orang yang mau sewa kamar kecil datang. Tapi cici saya yang nunggu sih. Dia bilang mau bayar + ambil kunci supaya kalau dia pindah-pindahin barang ngga perlu ditungguin. Lagian dia bakalan stay mulai bulan depan.



Seudah dari gereja, rencananya mau ketemu orang tua Wolfie di Simei. Tapi ditengah jalan, berubah.. Jadinya ketemu di Cityhall - Suntec City.

Ini pertama kalinya saya kenalan ama orang tuanya Wolfie, dan keluarga koko yang pertama.

Kita sempat ngobrol sebentar sambil nonton pertunjukkan laser di Fountain of Wealth, sambil foto-foto.

Hmm... Kayanya Wolfie lebih mirip papanya ya...

Ini ama keluarga koko pertamanya Wolfie...

No comments: