Monday, March 17, 2008

National Museum of Singapore (Part VI) - 15 Mar 2008

Sesudah dari Exhibition Galleries, karena masih ada waktu sedikiiiiit.. kita ke Singapore Living Gallery - Food.

Disini banyak peralatan memasak tradisional :).

Ada rantang dan mangkok jaman dulu. Wolfie bilang dia masih punya rantang gituan :).


Jadi keinget waktu SD dulu. Kan ada 1 hari dimana kita harus bawa makanan 4 sehat 5 sempurna dan kita bakalan lunch bareng di kelas. Nah, waktu itu saya bawanya pake rantang kecil 2 tingkat dari besi.

Waktu itu ada sayur yang ngga saya suka. Nah, kalau kita udah beres makan, harus kasih liat rantang / tempat bekal kita yang udah kosong itu ke guru. Waktu itu saya pikir... pengen bohongin itu guru. Soalnya saya ga mau habisin sayur yang ga saya suka itu.

So.. saya taro sayur yang ngga saya suka itu di rantang kedua (di bawah), dan saya bawa 2 rantang itu kedepan guru. Sambil rantang atasnya menutup setengah rantang bawah (biar si guru ngga terlalu liat isi rantang bawah). Sejauh ini mungkin bisa menipu, karena waktu itu sayur yang ngga enaknya saya taro di rantang bawah bagian kiri, sementara bagian kanannya udah kosong. Dan rantang atasnya saya taro menutup bagian kiri tsb.

Diluar perkiraan.... si ibu itu ngga bisa ditipu -_-! Waktu saya bawa, dia geser rantang atasnya. Yah.... ketahuan deh saya ngga habisin sayurnya. Saya disuruh duduk dan harus habisin sayurnya -_-!

Ok.. balik ke museum. Yang ini saya ngga tau untuk masak apa :P. Yang pasti, makanan yang dimasak itu harus dimakan pake sumpit (makanya disediain sumpit di bagian kirinya). Jadi keinget lumpia basah :(


Yang ini kaya untuk jualan sate. Ada kipas dan pemanggangnya.


Yang ini kaya jualan obat.. Ada alat peraciknya juga.


Yang ini juga saya ga tau jualan apa.. Kalo di Indo sih yang kaya gini buat jualan cakue dan odading.


Yang ini untuk jualan kue putu. Seumur-umur saya ga pernah makan kue putu XD. Padahal kalo di SG lebih gampang nemuinnya. Di Indo'kan jualannya pake gerobak keliling. Jadi agak susah.. harus nunggu tukang jualannya lewat. Kalau di SG, kalau ada pasar malam biasanya suka ada yang jual. Tapi tetep aja.... malas beli :P


Yang ini... ulekan, gilingan dan.. tumbukan?? Hehehe.... Yang paling kanan itu kayanya alat buat numbuk something .... gile alat untuk numbuknya panjang banget yah :O


Nah... Yang ini pasti dah pada tau. Yup, ini buat bikin es serut :). Beberapa tempat di Indo masih pake alat ini.


Dan ini peralatan lainnya. Ngga tau untuk apa aja...


Nah, yang ini macam-macam cetakan kue.


Hmm.... gelas-gelas ini pasti punya sejarah ampe bisa masuk museum. Padahal kelihatannya biasa-biasa aja.


Nah, ini tempat simpan minuman jaman dulu. Masih pake kaleng :P.


Sebenarnya masih ada Singapore Living Gallery - Photography. Tapi kita ga kesana karena waktunya ga keburu :(. Lagian disana mungkin isinya foto-foto lama and kamera kuno..
Ok, sekian jalan-jalan ke museumnya :). Semoga bisa jalan-jalan ke museum lainnya dilain kesempatan :D

No comments: