Saturday, August 30, 2008

End Of Ghost Month - 30 Aug 2008

Akhirnya Ghost Month berakhir juga.

Banyak hal menarik yang saya tahu mengenai bulan ini. Ini saya dapat dari satu website:

Other do's and dont's to be observed during ghost month include the following:
DO:
- make offerings, especially the burning of "ghost money"
DON'T:
- weddings, special plans, business deals and outings should be put on hold till the end of the month;
- no whistling, whistling is not a good idea, whistling will lead the ghost straight to your home;
- talking ill of the dead (even if it's true) will just bring tears and heartache;
- special care should be taken when walking along riverbanks where a water ghost can easily steal a living spirit; and
- adding to the numbers by burying the dead is, unfortunately, not a good idea.

Selama bulan ini, saya banyak nemuin orang bakar uang kertas buat persembahan dan hio..


Tong-tong bakaran pun sudah disiapkan dibawah HDB..


Tapi tetap aja entah bagaimana kok jalanannya kotor?? Bakarnya gimana seeh -__-! Anyway.. Bulan ini bisa dibilang menjadi salah satu kesempatan buat mengotori SG tanpa takut didenda hahaha! (Tapi kotorinnya hanya boleh ama barang-barang persembahan -_-!)

Ngga jarang juga nemuin meja altar besar maupun kecil..



Yang ini saya ketemu didepan tukang jual buah. Liat aja persembahannya sebagian besar buah. Biasanya selain mereka persembahin buat arwah, juga ada yang minta rezeki..



Makanan yang disajikan juga macam-macam. Ada yang kasih kue, buah ampe teh / kopi..

Dipinggir jalan orang-orang pada pasang lilin..


Yang ini unik banget. Selain menaruh bendera dipinggir jalan, persembahannya berupa minuman kaleng (ada bir lho!!)


Kalau ngga ada meja persembahan, kardus pun jadi :P


Ini nih macam-macam persembahannya..


Kue bolu raksasa dan bakpao. Btw.. disekitarnya ternyata disebarin kue-kue gula kecil-kecil! (See the arrows)

Oya, colleague saya kasih breakfast bakpao dengan motif yang mirip-mirip ama yang di foto ini lho... Dan dibagian bawahnya ada tulisan Chinese dengan gambar lilin dan teratai gituh. Apa itu bakpao persembahan gitu ya? @0@!!!

Oh well... bukan salah saya.. Toh bukan saya yang minta, dia yang kasih. Dan saya juga ngga tau dan ngga menyimpan curiga juga kalau bakpaonya bakpao persembahan. Saya bahkan baru notice pas Wolfie yang bilang. Anyway.. ngga gitu enak juga. Isinya sediiikiiiiit dan ngga enak XP. Bagus deh. Justru kalau enak bakal bingung. Gimana jadinya kalau saya ketagihan bakpao persembahan XD

Btw, waktu itu ada teman saya yang nanya, "Makanan persembahannya diapain? Apa dimakan atau dibiarin?". Well.. kayanya sih kalau bisa n mau dimakan ya mereka makan. Tapi kalau mereka ngga mau ya mereka biarin aja disono..


Ini nasib salah satu bolu kukus raksasa tadi.. Jadi berjamur gituh :( Kasihan.. Buang-buang makanan itu dosa.. >:(

Kata Wolfie, selama bulan ini bakal ada 2 kali dimana orang-orang menggelar altar besar. Yang pertama yaitu pada pertengahan bulan. Soalnya pas pertengahan bulan itu saatnya pintu neraka terbuka lebar-lebar dan para hantu keluar semua dari neraka. Nah.. jadi hantu-hantu kelaparan itu pas keluar ke dunia'kan nemuin persembahan di meja altar gituhhh..

Berikutnya ya pas akhir bulan dimana hantu-hantunya harus balik.

Sempat nanya Wolfie. Gimana kalau hantunya ada yang bandel, ngga mau balik? (Sembunyi di dunia). Kata Wolfie sih ada penjaganya. Namanya Zhong Kui ( 鍾馗). Nah, kalau sampai dia nemuin hantu bandel, dia langsung makan tuh hantu.. Wah! Seru juga neh ceritanya! So.... saya bakal bahas di posting lainnya deh, biar lebih lengkap hehehe ^^ (Asyiik... ada bahan ngeblog lagi)

No comments: