Friday, August 1, 2008

Hungry Ghost Festival - 1 Aug 2008

Hungry Ghost Festival jatuh pada bulan ketujuh dari penanggalan Chinese. Dipercaya bahwa dibulan ini gerbang neraka terbuka and the dead walk among the living. Pokonya bulan ini dianggap errr... bukan bulan yang 'baik'.

Orang Chinese yang masih percaya hal ini biasanya akan menghindari beberapa hal, misalnya: pindahan rumah, ada yang menghindari berenang, sampai pernikahan. Makanya ngga heran kalau dibulan ini ampir ngga ada yang married, soalnya bukan bulan baik. Dipercaya kalau pasangan yang married dibulan ini ntar malah dapat sial (cerai, anak cacat dsbnya).

Biasanya di beberapa tempat bakal diadain "Getai" dan street opera untuk menghibur orang-orang dan para arwah. Makanya jangan heran kalau biasanya di pertunjukkan begini, kursi di barisan paling depan biasanya kosong. Soalnya barisan paling depan itu diperuntukkan buat para arwah.

Di Indo sih peringatan bulan ini emang ngga gitu keliatan, ngga kaya di SG. Disini kalau udah masuk bulan ini, pasti deh banyak yang sembahyang, bakar hio or uang kertas. Disetiap pojok rumah makan / toko-toko biasanya ada altar kecil. Bahkan ada juga yang pasang altar gede lengkap dengan panggung.



Ini didekat rumah saya. Biasanya disepanjang jalan dekat HDB bakal ada lilin-lilin kecil. Ada juga tong-tong buat bakar uang kertas.

Seudah pasang lilin, biasanya sembahyang pake hio. Dilanjutkan dengan bakar uang kertas. Gambarnya agak blur karena ambilnya diam-diam. Ngga enak kalo ketauan auntie ini hehehe... Bisa-bisa diomelin hihihi....



Didekat lilinnya biasanya ada persembahan buat para arwah. Bisa macam-macam bentuknya. Dari mulai kue, nasi, sampai ini niih... Biskuit dan susu! Mmmm.... Kalau di Indo mungkin udah diambil ama anak jalanan kali ye...

Penasaran neh.. Kalau udah ditaro gitu, ntar digimanain ya? Masa dibuang? Sayang banget yah. Kalo di Indo sih, kalau persembahannya berupa nasi + sayur = makanan buat anjing/kucing jalanan :P.

Jadi keinget cerita, ada yang taro persembahan di kuburan. Besoknya pas dia datang, eee... udah ilang / habis. Dia senang banget. Dia kirain arwah yang makan. Taunya... kambing di kuburan yang makan hahaha!



Ini altar gede didekat rumah Wolfie.

Kata Wolfie, yang merah-merah itu nama para penyumbang untuk altar dsbnya.



Hmm... yang ini ngga terlalu jelas juga. Katanya sih buat para arwah, biar mereka bisa chit chat n spend time bersama gituh, tapi kayanya orang-orang juga pake tuh. Jadi ini sebenarnya buat arwah atau orang sih?



Meja altar yang lumayan gede :)



Ini hio gede. Kata Wolfie, di Malay ada hio yang gede n tingginya ampe 2 lantai HDB.

Hhh... kasihan ya mereka. Mereka belum mengenal Kristus.

Jadi mikir juga sih.. Kalau di gereja'kan ada persekutuan doa yang mendoakan orang-orang belum percaya yang ada di belahan bumi manaaaa gituh. Suku di desa pedalaman dsbnya. Tapi untuk apa kalau kita doain yang jauh-jauh tapi didepan mata malah terabaikan. Hmm... mungkin udah saatnya saya memikirkan untuk bisa menjangkau yang Tuhan taro disekitar saya dulu. Kan harus setia dalam perkara kecil, baru dipercaya untuk perkara besar :D. Kalau bisa jangkau orang sekitar (keluarga/tetangga/colleague), mungkin Tuhan baru percayain untuk menjangkau orang-orang belum percaya lainnya :)

Semoga saya punya keberanian untuk membagikan kabar baik itu....

No comments: