Saturday, August 16, 2008

7th Month Prayer - 16 Aug 2008

Kemarin ini dapat email dari company:

Dear All

1) Annual Dinner

Gz is holding an Annual Dinner & Dance with SFIC on Friday, 03 October 2008.

Venus : Marina Mandarin, Ground Level, Marina Mandarin Ballroom
Theme : SFIC Olympic
Dress Code : Your favorite Olympic Sportswear

2) 7th Month Prayer

Date is fixed on 16 August 2008 (Sat morning) followed by lunch and collection of goodies bag. Please confirm your attendance plus collection of goodies bag.

Please reply your attendance for item 1) & 2) by 6 August 2008.

Thank You and have a nice day ahead.


Yang reply ada yang hanya mau attend salah satu, ada juga yang attend dua-duanya. Waktu saya lihat kalau dinnernya ada dress code segala, langsung deh malas ikutan :P. Jadi.. saya cuma confirm attendance buat lunch doank. Lagian... tanggal 3 Oct'kan ortu saya datang (nyari alasan ;P)

Waktu Kamis, colleague saya yang admin assistant curhat. Dia BT banget ama si Finance Manager karena dia'kan ambil leave hari Jumat soalnya dia rencananya pengen libur panjang (Jumat, Sabtu, Minggu). Eee... si Finance Manager malah suruh dia datang Sabtu untuk bantu persiapan company lunch. Jadi dengan amat terpaksa sekali, si admin assistant harus datang Sabtu pagi buat prepare everything.

Me: "Si Finance Manager ikut ngga?"
AA: "Ngga. Dia'kan Katolik."
Me: "Lho? Emang kenapa? Saya juga'kan Kristen"
AA: "Ya loo... Padahal kalau mau, dia ngga usah ikut bakar kertas. Ikut lunch-nya aja."

Saya baru tahu kalau si Finance Manager ternyata Katolik. Dan waktu itu dalam pikiran saya, ntar acaranya bakalan ada yang pray n bakar kertas, setelah itu mungkin lunch bareng. Jadi saya cuma bakal ikut lunch doank.

Admin assistant bilang kalau ntar bakalan ada babi panggang n buffet. Tapi pastinya sih babi panggangnya bakalan dipersembahin dulu :(. Saya pikir, gapapa deh makan buffet aja juga ok.

Pulangnya, collegue cowo saya bercanda, "Nanti Sabtu kamu harus ikut sembahyang, kalo ngga kamu bakalan diganggu hantu lho." Saya bercanda balik aja. Saya bilang kalau saya bakalan sembahyang, tapi seudah lunch.... which is di gereja :P. Soalnya emang dari lunch saya rencananya bakalan langsung ke gereja ikutan PP".

Naah.. Kemarin (Jumat) pas kita mau lunch, dicompany sebelah kita lagi pada BBQ-an n gelar altar gede. Saya bercanda ama 1 colleague saya. Saya bilang kalau kita lunchnya di sebelah, BBQ-an. Colleague saya langsung bilang, "You can pray meh?" (Maksudnya sembahyang). Saya bilang aja kalau saya ngga bisa. N dia bilang, "But you still want to come tomorrow. You can eat offering food meh? You're a Christian right? Or you're not a pure Christian a?"

Waktu itu kaget juga dibilang gitu. Saya bilang kalau saya Kristen n emang ngga bisa makan offering food. Dan dia bilang, "But all the food will be offered leh". Wah kaget juga! Saya tanya dia, "R u serious?". Dia bilang iya!!! Wah! Ngga nyangka juga! Saya kirain cuma babi panggangnya doank yang dipersembahin!

N waktu kita lagi lunch, di hawker centrenya pas ada altar gede. Collegue saya bilang, "See? They offer all the food!". Dan emang sih, yang dipersembahin ngga cuma babi panggang doank. Dari mulai kue-kue basah sampai teh, semuanya ditaro di meja altar gedenya!!

Wah... saya ngga bisa ikut lunch neh... Colleague saya bilang kalau dia juga heran kenapa saya ikutan lunch -_-! Lha, mana saya tau kalau semua makanannya dipersembahin dulu -__-!

Colleague yang lain bilang, "Yah... beda tempat, beda budaya. Gini aja.. Kamu minta sayurnya disisihkan dulu sebelum dipersembahin. Terus ntar kamu liat prosesinya. Next time kalau kamu emang ngga sreg ya udah ga usah ikutan lagi." Tapi colleague yang lain bilang, "Ngga bisa disisihkan dulu.." (Ngga tau deh apa alasannya, soalnya mereka ngomong pake Mandarin -_-!)

Anyway... colleague saya tanya apa saya jadi datang ngga. Saya bilang kalau sepertinya eeerrrr.. ngga deh. Saya ngga bisa makan offering food. Si Finance Manager bilang kalau emang mereka bakalan offered semua makanannya.

Ya uda, balik lunch saya bilang ke orang admin kalau saya batal ikutan lunch n bakal ikut dinner aja :(

Ya.. ini bukan soal 'takut makan offering food'. Saya ngga takut kok. Saya yakin, makan juga ngga bakalan ada apa-apa. Cuma yah... Yang saya takutkan ya jadi batu sandungan. Buktinya, saya baru daftar aja, mereka udah pikir saya 'not a pure Christian'. Apalagi kalau saya ikut makan?

Lagian, company saya emang agak err... gimanaaa gitu soal keyakinan orang. Misalnya, ada 1 orang Malay yang tiap Jumat sembahyang. Yah, ada aja orang yang complain, bilang kalau orang Malay itu habisin waktu 1-2 jam buat sembahyang.

Dulu juga saya pernah, pas lunch di kantor, saya berdoa sebelum makan. Eee... ada 1 collague saya yang lihat n dia bilang, "Eei.. You are a Christian ya?". Dan dia mulai ngejek saya. Dia ambil 1 gelas air putih n bilang, "Eei.. eei.. See ya! See I pray. I pray so that I can win TOTO". (Dia berdoa dengan melipat tangan, didepan gelas air putih itu, n minta supaya dia menang undian).

So.. yah... diejek karena saya Kristen itu sih bukan barang baru :(

Belum lagi, kayanya mereka juga agak gimanaa gitu ama orang Kristen. Terutama soal perpuluhan. Waktu itu ada 1 colleague yang nanya, apa orang Kristen harus kasih perpuluhan? Ya saya bilang aja iya. Ada collegue lain yang merasa jumlah perpuluhan (which is 10% dari pendapatan kita) itu gedeee banget.

Well... mungkin mereka liatnya, "Gila, orang Kristen punya kewajiban kasih jumlah segede itu buat persembahan". Mungkin itu salah satu yang bikin mereka 'agak takut' jadi Kristen kali ye.. :P

Tapi ngga apa deh. Justru kalau ngga terlalu mempermasalahkan itu, ya siapa tau saya bisa dekat ama mereka n maybe can share the gospel with them.

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Ya di SG emang begitu, sama seperti kota-kota gede lainnya... Lebih banyak prosecution towards Christianity, walaupun ngga physical (ngga extreme kaya di negara2 yang menganut agama dominan lain). Mungkin karena uda banyak Free Thinker (walaupun agama lain juga ikut2an mengejek Christianity), banyak cynics.

Ya keep praying for this country, ngga ada bedanya ama small villages di Africa yang masi practice voodoo and skin missionaries' heads hehe... There are still other forms of prosecution that we Christians must face with.

Jie