Wednesday, August 13, 2008

Beijing Olympics Games Opening Ceremony

Akhirnya, acara yang udah lama ditunggu-tunggu tiba juga. Bukan Olimpics-nya yang saya maksud, tapi Olympic Games opening ceremony-nya hehehe :P

Opening ceremony-nya diadain pada tanggal 08-08-2008 jam 08.08 pm :P

Menurut Oom Wiki: The number 8 is associated with prosperity and confidence in Chinese culture, and here it was a triple eight for the date and one extra for time (close to 08:08:08 pm).

Untungnya, karena di SG ngga ada perbedaan waktu ama China, jadi kita nontonnya juga jam 08.00 pm hehehe... Udah stand by didepan TV hohoho ^___^

Dibuka dengan aksi permainan drum yang dilakukan oleh 2008 orang :)



Drumnya ada sensornya gituh, jadi kalau dipukul, dia bakalan keluarin sinar. Dan kalau sampai ada yang salah pukul err... langsung deh ketauan :P. Jadi moment memukulnya harus tepat :) Bukan hanya drumnya aja, tapi alat pemukulnya juga dibuat supaya bisa glow in the dark :D


A veritable army of performers hammering out a rousing pulse on massive drums, one of the acts in Beijing iconic "Bird's Nest" National Stadium that formed the three-hour long Olympics' opening ceremony. More than 15,000 people took part in the exhilarating celebration las night.


Sepanjang bagian atas stadiumnya ternyata itu layar! Dan waktu drumnya dimainkan, ada tulisan yang ditampilkan di layar tsb untuk menyambut para penonton. Wiih... :D


Thousands of energetic performers giving a 21st-century update of traditional dancing, wowing the crowd and maintaining the upbeat mood at the opening ceremony


Warnanya buaguzz banget!! Kereeen....... :D

Yang ini aksi favorit saya.



Gimana ngga jadi favorit? Waktu pertama nonton ini, housemate saya nanya:

Wen2: "Eh, ini mereka pake apa ya?"
Me: "Pake mesin'lah. Bisa kaya gitu sih pastinya mesin..." (Dengan sok yakinnya)
Beberapa saat kemudian....

Wen2: "Eh, kayanya yang dikotak itu orang lho! Aku liat kakinya..."
Me: "Masa?"
Setelah memperhatikan dengan seksama...
Me: "Yup, orang! Tadi saya lihat ada 1 kotak yang harusnya ngga berdiri, malah berdiri. Means itu human error'lah"

Keren bangettt bangeddd buangettdd!!!!



Ini pas mereka keluarin bunga :D

Mereka melukis sambil menari. Tangan kanan mereka dibungkus ama 1 bahan buat jadi kuasnya. Jadi pas mereka menari dan tangan kanannya bersentuhan dengan kertas, ya... jadi'lah lukisan :)


Panggungnya berupa scroll.. Dan selama mereka menari, latar belakang / scroll-nya berubah. WOW!!!



Walaupun lukisannya ngga gitu bagus, tapi proses pembuatannya keren!! Hebat juga bisa kepikiran kaya gitu :D


Wiiih.. ngga cuma cowo aja yang unjuk gigi, cewe juga.... :D


An item featuring moving columns, one of the spectacular performances at the stadium last night, which featured a total of more than 15,000 perfomers.


A cinematic touch to the multimedia show was given by acclaimed filmmaker Zhang Yimou



Keren bangettt!!! :D Oriental sekaliii :)



Kalau di-shoot dari angle yang benar, kelihatan lebih kereen... :D



Latar belakangnya emang berubah-ubah :)


A dancer dazzling the crowd at the Games opening ceremony. (Ini close up penari yang di foto sebelumnya :P)


Performers decked out in colourful costumes set heart pounding with boisterous performances. About 91,000 spectators watched the glittering extravaganza.


Dancers in rich, elaborate costumes inspired by traditional Chinese dress moving majestically in a performance depicting the country's rich cultural heritage.



Wiiih, bentuknya kaya kompas Chinese yaaa :D



Seluruh baju ini ditutupi ama lampu-lampu kecil yang bisa nyala / mati / kerlap-kerlip. Kereen :D


Children, wearing the traditional costumes of the country's ethnic groups, carrying the flag of China at the Bird's Nest stadium.


The three-hour ceremony featured more than 15,000 performers who showcased China's ancient history and rise to power.



Performers dancing around a globe with images of Olympic athletes during the opening ceremony of the 2008 Beijing Olympic Games at the city's iconic "Bird's Nest" last night.



Sekelilingnya ada orang-orang yang memegang gambar muka anak-anak. Kereeen :D

Seudah pertunjukkannya beres, maka tiap negara yang bakal ikut Olimpics Games ini pada keluar satu persatu. Masing-masing negara terdiri dari 1 yang pegang bendera, diikuti ama para atlitnya :). Yang paling banyak atlitnya ya China laa, ama USA dan Canada..


Err... karena dapat dari koran SG, jadi cuma ada liputan yang SG doank ^^


Baru tau dari Oom Wiki kalau the ceremony was co-directed by Chinese filmmaker Zhang Yimou and Chinese choreographer Zhang Jigang. Waaah, pantesan keren! Zhang Yimou gitu lho!! Dia'kan sutradara favorit saya!! Karya-karya dia keren banget!! Kaya... Hero (Yang Jet Li tuch), House of Flying Daggers (Yang Andy Lau vs Takeshi Kaneshiro), Curse of the Golden Flower.. Ok, bagusnya tentunya dari segi artistiknya (bukan dari segi cerita filmnya :P). Kalau mau diibaratkan itu, karya dia seperti err... kerang yang bagusss banget, tapi ngga ada isi. Sorry Zhang Yimou :( But you're still my favourite director, no matter what :D

Kerreen... kereen... Pantesan di koran-koran ngomong kalau seandainya acara pembukaan Olympics juga ada penghargaan, China pasti menang emas.

Ya iya laa.. China ngga maen-maen. Dia tau kalau Olympics Games ini moment dia. Selama ini China udah unjuk gigi di tiap Olympics Games dengan memenangkan banyak medali emas. Jadi begitu sekarang dia jadi host-nya. Well... China tentunya happy n bangga.

4 tahun China mempersiapkan ini semua dan tentunya dengan biaya yang ga kecil. Dan kata JN, China membiayai ini dengan uang sendiri, ngga pinjam dari negara lain. Selain mempersiapkan fasilitas (bangun stadium "Bird's Nest"), China mempersiapkan rakyatnya untuk menyambut para turis / pendatang yang bakal nonton Olympics Games-nya. Dari mulai menerapkan peraturan 'no spitting' sampai rakyatnya disuruh belajar bahasa Inggris. Walaupun mungkin Inggris mereka jauuuuuuh dari sempurna, kaya artikel dibawah ini :P (Click kalau mau baca ^^)


Well.... at least they've tried.

Anyway... disamping kemegahan yang kita lihat, ternyata ada skandal dibalik itu semua!!!

1. Kembang api yang kaya footprints yang kita tonton di TV, ternyata palsu!


Well... at least mereka palsuin karena takut ngga ketangkap ama kamera. Yang berarti.... kembang apinya sih asli ada, cuma yang kita tonton itu palsu.

2. Penyanyi cilik super cute di Opening Ceremony-nya ternyata palsu!


Dia bukan hanya lipsync, tapi ternyata suaranya juga bukan suara dia! Sayang, padahal pas nonton, saya ama Wen2 udah muji-muji kalau anak ini cute n suaranya ok. Ternyata modal tampang doank -_-!

Well... at least penyanyi aslinya juga orang China ^^.

3. Kata Als, yang nonton pertandingan Olympics-nya itu orang-orang sewaan. Biar kelihatan rame gituh.. Cuma yang ini sih ngga gitu gimanaaa gitu, jadi saya juga ga akan bahas deh. Anyway, emang China punya SDM yang berjubel. Jadi anggap aja kalau China hanya memanfaatkan Sumber Daya yang ada hihihihi....

Hmm... skandal sih ada, dan banyak yang kritik. Apakah itu semua harus dilakukan hanya supaya acara ini terlihat megah dan wah dan akhirnya mengundang kekaguman dari negara-negara lain.
Bagaimana nasib 2 anak kecil yang jadi skandal? Yang cute, pastinya bakal tumbuh dewasa menjadi cewe cantik tapi tentunya bakal banyak orang juga yang ngomong-ngomongin dia dibelakang, kalau dia cuma modal tampang dsbnya. Dia pasti stress... unless dia mau berusaha unjuk gigi. Yang 1 lagi.. mungkin tumbuh dewasa dengan perasaan minder dan tentunya bakal banyak orang juga yang ngomong-ngomongin dia soal tampangnya yang less cute :(. Dia juga pasti stress.... unless dia bisa tunjukkin kalau dia bisa sukses tanpa modal tampang ^^. Well.. it seems semuanya emang kembali lagi ke diri mereka masing-masing. But still! kalau bukan karena penyelenggara yang perfeksionis, semua ini ngga akan terjadi!!! >:P

Btw, semua foto yang ngga jelas itu saya ambil dari koran Straits Times ^^. Foto yang jelas, saya dapat dari email. Artikelnya dapat dari TODAY ^^

No comments: