Monday, September 17, 2007

St Andrew's Cathedral - 16 Sep 2007

Hari ini cukup special. Hari ini mau nonton Swan Lake on Ice, yeee...........hehehe....

Wolfie ngajakin kebaktian pagi di St Andrew's Cathedral. Selain dia lagi ada tugas dari SBC, yah....letak gerejanya ga jauh dari Esplanade, jadi lumayan ok sih. Biar ga telat gitu. Kalau tetap kebaktian di GPBB kan takutnya diburu-buru, karena dari BB ke Cityhall aja udah 1 jam, belum lagi kita'kan harus lunch.

Unik banget lhoo.....benar-benar masih 'tradisional' . Katanya sih gereja ini juga merupakan salah satu objek wisata. Yah, bisa dimaklumi. Bagi yang belum pernah kebaktian disana harus coba!!!.

Kita datang agak kepagian jadi masih harus nunggu jemaat yang kebaktian pagi (bahasa Mandarin) untuk bubar. Kita tunggu di depan pintu masuknya. Ternyata ga cuma kita doank. Ada beberapa jemaat juga yang nunggu.

Di depan pintu masuk ada yang namanya Baptismal Font, sebagai simbol bahwa menjadi bagian Tubuh Kristus adalah melalui baptisan.
Sesudah kongregasi Mandarinnya bubaran, baru deh kebaktian jam berikutnya dimulai. Diawali dengan prosesi sebelum masuk ke gerejanya. Ada beberapa orang berjubah, yang paling depan pegang 1 tongkat panjang. Mereka beriringan masuk.


Di dalam ruangan, sudah ada beberapa jemaat. Tapi mereka ga ngobrol. Mereka ambil saat teduh dan berdiam di hadapan Tuhan.

Ruangan kebaktiannya bagus n keren buangettt!!



Dan ada balkon juga

Di bagian kiri dan kanan ada 1 papan yang memperlihatkan ayat-ayat Alkitab apa aja yang akan dibacakan pada kebaktian nanti. Juga ada layar TV kecil.

Sementara di bagian depan. ada yang namanya ruangan maha suci. Jadi ga sembarangan orang bisa masuk kesana. Anyway....kacanya bagus bangett!!

Liturginya semua tercantum di buku (makanya buku banyak di setiap bangkunya).

Jadinya agak kaku sih, karena bisa dibilang hampir semuanya harus dibaca dibuku, termasuk doa. Dan di bawah bangku masing-masing, ada bantalan untuk kita berlutut (ada beberapa bagian dari liturgi yang memang mengharuskan jemaat untuk berlutut).
Sesudah prosesi, kebaktian pun dimulai..

Di dalam ruangan kebaktian ini ada bagian-bagian yang unik.
Misalnya, untuk pembacaan Alkitab dilakukan dibelakang elang ini.

Dan untuk pembawaan Firman Tuhan, dilakukan di atas mimbar ini.
Di gereja ini setiap minggunya ada Perjamuan Kudus.
Yang mau ikutan, maju ke depan. Di depan kita berlutut mengelilingi ruang maha suci dengan tangan terbuka, siap menerima roti. Kemudian Bishop dan Priest akan membagikan roti dan anggur. Yang menarik, rotinya dibagikan, dan kemudian kita celupkan kedalam anggurnya. Jadi, anggurnya ga dibagikan dan diminum :) Tapi diedarkan dengan menggunakan cawan :D
Selama menunggu giliran maju, jemaat yang lain berdoa.
Selesai kebaktian ditutup kembali dengan prosesi. Wolfie sempat foto tongkatnya.
Pulangnya, Wolfie masih sempat foto-foto beberapa hal yang menarik lainnya.
Seperti..tulisan yang ada di tiap pinggiran bangku. Kayanya sih itu nama donatur, tapi saya ga yakin juga :P.
Yang ini cukup menarik (makanya difoto :P)
Waah....thank you buat Wolfie untuk kesempatan ini, benar-benar pengalaman tak terlupakan hehe.....

No comments: