Saturday, November 11, 2006

My Office

Hari ini hari pertama saya masuk kerja. Kantornya di Circular Road, dekat Boat Quay. Sekitar 10 menit jalan kaki dari MRT Raffles. Katanya sih di belakang pub-pub gitu.



Saya cari-cari kok ga ada gedung kantor, adanya pub-pub, bar dan tempat hiburan malam lainnya. Waktu saya cari lagi ternyata....kantornya bukan di gedung kantoran gituh, tapi di 1 gedung bekas tempat karaoke (masih ada papan nama 'Pink Dolphin Karaoke' di depan gedungnya -_-!

Gedungnya ada 2 lantai. Lantai bawah disewa ama kantor pengacara, lantai 2 disewa ama kita dan sister company kita.

Untuk masuk, harus pake access card. Ruangan kantor saya sederhana banget, maklum.. dulunya juga tempat ini'kan bekas tempat karaoke. Hanya 1 ruangan besar yang ditaro meja, kursi n komputer, ga ada cubicle jadi 1 orang dengan yang lainnya bisa bicara dengan bebas tanpa dibatasi sekat.

1 ruangan besar ditempati 2 company (yang pada akhirnya jadi 3):
- company saya (bergerak di bidang retail HP)
* Ga ada boss karena semua bossnya di Jakarta dan hanya datang beberapa kali'lah ke SG untuk sekedar inspeksi :P
* Staffnya cuma saya n 1 colleague saya. Jadi yang kerja cuma 2an huhuhu :(
Meja kita bersebelahan.

- sister company (bergerak di bidang IT)
* 1 boss cowo (kita sebut saja 'si Jabrik' karena rambutnya yang 'unik' :P) -- orang Indo sih, cuma err...agak sombong gituh makanya dia ga mau ngomong pake bahasa Indo, selalu pake bahasa Inggris. N dia juga agak bossy makanya anak buahnya pada ga gitu suka ama dia.
* 1 wakil boss cewe-- Singaporean, tapi karena dia sekolah di Aussie agak lama jadi logat bicaranya kaya orang Australia. Kalau bicara di telepon, biasanya orang kira dia itu Ang mo (bule). Orangnya baik n perhatian, beda deh ama si boss cowo itu. Bisa dibilang kalau si wakil boss ini yang paling tahu keadaan company n karyawannya karena walaupun dia ga ke kantor setiap hari (1 minggu dia bisa ke kantor 4x) tapi lebih mending'lah daripada si boss cowo suka pergi-pergi (1 minggu mungkin cuma nongol 1x, kadang 2 minggu 1x, pokonya seenak dia deh mo datang kapan).
* Staffnya:
- 1 cowo Indo. Beda 2 tahun dari saya, orang Palembang. Kalau balik Indo biasanya ntar dia bawa oleh-oleh pempek asli buatan mamanya.
- 1 cewe SG. Orangnya tomboy n pendiam, tapi baek.
- 1 cowo Malay. Chinese sih, asal Johor Baru (JB). Dan karena jarak JB n SG cuma sekitar 2 jam-an, jadi dia tiap hari Jumat (since Sabtu libur) selalu balik ke JB.
- 1 cowo Filipino. Chinese juga. Dia yang paling rame, orangnya suka bercanda. Pokonya kalau ada dia semua orang terhibur :D

- sister company 2 (bergerak di bidang interior design)
Nah, sebenarnya dulu'kan saya ngelamar n diinterview untuk posisi di company ini, tapi karena mereka nyarinya yang berpengalaman, akhirnya saya dialihkan ke sister company yang bergerak di bidang retail HP :'(

Karena companynya baru jalan, jadi untuk sementara yang ngurusin cuma 1 orang yaitu BB. Dia yang ngurusin accounting untuk semua company (yang IT, retail HP maupun interior design). Dan katanya sih dia bakal khusus kerja di company yang interior design. Selanjutnya, accounting untuk masing-masing company akan ditangani sendiri-sendiri, ga akan dipegang ama dia lagi.

Memang sih, saat ini dia yang paling sibuk, bisa dibilang dia kelewat sibuk karena selain sebagai accountant, dia juga sebagai administrator yang urus pemesanan mineral water dan kerjaan admin lainnya, juga sebagai HR yang urus gaji dan CPF kita (dari 3 company) n dulu juga'kan dia yang urus proses rekrutmen saya :P, PR saya juga diurusin ama dia. Jadi bisa dibilang kalau dia yang paling stress.

Sister company kita setiap hari Sabtu libur, kalau company saya sih...Sabtu masih harus kerja setengah hari ampe jam 1pm. Hix.. :'( Masuk kantor tapi sepi, hanya 2an yang datang. Yah...mungkin karena company saya di bidang retail HP, dan HP'kan pergerakannya cepat. Hari ini harganya sekian, besok bisa udah beda harganya, jadi time is money.

Yah..semoga saya bisa bertahan di company ini.

No comments: