Saturday, November 11, 2006

Finally... - 9 Nov 2006

Udah hampir 1 bulan saya cari-cari kerja tapi belum dapat-dapat. Ada beberapa company yang call, tapi mereka pasti mengajukan 1 pertanyaan utama, "Are you a SG PR?". Begitu jawabnya, "I'm a landed PR", biasanya mereka udah ga mau. Padahal sebenarnya sama aja sih, toh kalau saya dapat kerja nantinya juga bisa jadi PR. Tapi mungkin mereka ga mau repot ngurusin PR saya jadinya mau cari kandidat yang 100% udah dapat PR.

Hari ini ada interview di Clementi. Sebelum pergi, cici saya masih sempat tanya, gimana kalau perusahaan Indo yang waktu itu telepon dan mau nerima saya. Saya bilang kalau ini udah lewat 2 minggu n ga ada kabar, jadi ya udah...saya anggap mereka ga terima saya jadi saya juga ga mau berharap. Lagian saya emang ga mau kerja di company Indo. Lha jauh-jauh ke SG kok kerjanya di company Indo juga to..

Saya berharap kalau company yang hari ini interview ok, yah semoga saya bisa diterima. Dari namanya, sepertinya companynya jualan pipa. Dari Clementi karena takut nyasar akhirnya saya naik Taxi. Yah...ga apa-apa deh, 1st interview'kan harus kasih kesan yang bagus, makanya lebih baik bayar mahal dikit buat Taxi daripada telat.

Pas sampe ke companynya, weleh...kok pabrik? Gundukan tanah dimana-mana dan ada beberapa buruh. Saya tunggu di lobby kantor karena saya datang 30 menit lebih awal dari jam interview.

Ga berapa lama, beberapa orang masuk ke kantor. Dari penampilannya sih kelihatannya mereka orang yang kerja di site. Mereka mau minta obat nyamuk. Katanya banyak nyamuk di luar. Si resepsionis lihat dari pintu kaca dan bilang, "Wah, nyamuknya gede-gede banget". Dan orang yang kerja di site bilang, "Iya, tadi ada lebih banyak lagi..." Jadi mikir..apa saya cocok dengan lingkungan kerja company ini ga ya..

Ga berapa lama, saya coba lihat jam, kok udah telat 10 menit belum dicall.. Saya cek HP saya, YA AMPUN! ada 3 missed calls @0@!! Wups! Ternyata HPnya saya silent..-_-! Saya call back n ternyata itu si interviewernya.

Saya disuruh masuk. Di dalam ada beberapa cubicle. Kita interview di 1 meeting room. Yang interviewnya ada 2 orang, 1 cowo Malay n 1 cewe Singaporean. Yang banyak ngomong sih si cowo Malay, si cewe Singaporean cuma mengiyakan perkataan si Malay aja..


Pertama-tama mereka jelasin tentang company mereka. Companynya bergerak di bidang pasang-pasang pipa. Si orang Malay bilang kalau kerjaan saya bakalan di bagian project. Jadinya ntar saya harus ngawasin yang pasang pipa. Siap-siap aja kulit bakalan hitam soalnya bakalan panas-panasan di site.

Dia tanya apa saya punya kendaraan ga, soalnya kan harus ke site. Kalau ga punya, ya...berarti kalau mau ke site harus naik pick up dengan para buruh.

Dia juga tanya apa saya jijik ama serangga, karena kerja di site bakalan dealing with insects such as mosquitoes, cocroach etc. Dan juga harus siap kotor-kotoran, karena kalau customer kita lagi di site dan dia mau tau pipa kita kaya gimana, maka saya harus berani ngambil pipa itu (yang mungkin kotor n berlumpur) untuk dikasih lihat ke si customer (by hand of course).

Dan sebagai orang yang kerja di site, pakaian kita ga perlu bagus-bagus (since bakalan kotor-kotoran juga). Pakai kaos dan jeans juga ok. Dan dia tunjukin cewe Singaporean di sebelah dia yang penampilannya emang agak tomboy.


Dia bilang kalau kerja di site bakalan banyak tekanan, makanya jangan kaget kalau orang yang satu bisa aja ngomong ke yang lain dengan bahasa yang kasar, bentak-bentak or bahkan menggunakan 'the 'F' word'. Dan dia bilang, kalau saya harus mengerti n terbiasa dengan hal itu, jangan kesinggung atau nangis kalau misal ada yang ngomong kasar ke saya, karena itu adalah hal yang biasa di company ini.

Waktu dia cerita gitu, saya sih ok ok aja...maklum..dah desperate belum dapat kerja, jadi apa aja deeeeh, g ok... gimana nanti aja dheee

Seudah dari interview, di MRT saya mikir, "Yah Tuhan, kayanya saya ga bakalan diterima deh. Dari semua syarat mereka, saya 100% ga sesuai dengan kriteria yang mereka butuhin. Mereka kayanya butuh cowo/ cewe yang tomboy yang siap kotor-kotoran. Lha hari ini interview saya datang dengan kemeja, rok lengkap dengan high heels dan jepit rambut... Benar-benar feminin, bersih dan rapi, ga sesuai ama yang mereka mau. Lagian kerjaannya ga sreg banget ama saya. Tau gini sih..lebih mendingan company yang Indo. Wah, seminggu lagi social visit saya bakalan habis.... Aduh kalo bisa jangan ampe saya perpanjang deh..mahal.."

Eee.....baru juga turun dari MRT, ada yang call. Dari company Indo yang kemarin ini. Katanya saya diterima dan saya bisa langsung kerja besok! Wah Puji Tuhan. Langsung saya telepon mama saya hahaha! Tuhan emang ajaib! Puji Tuhan...ga nyangka juga...

Semoga company ini ok dan saya bisa kerja dengan baik.

No comments: