Wednesday, May 30, 2012

Worry Here and There..

Postingan di saat galau..

Somehow hari ini kayanya adaaaa aja yang nguji iman gw.

Gimana ga galau n kuatir kalo pagi hari gw masih happy happy, ngobrol ama baby, n dengan PDnya gw mikir 'baby gw bakal sehat, normal, pinter n ga nyusahin deh.. Pan gw dah jaga diri. Makan juga dijaga banget. Ga nge-snack sembarangan. Kalo nge-snack, paling cuma kacang-kacangan, buah-buahan, susu ama jus or yoghurt. Makan juga banyakan protein kaya telor, ikan, ayam.'

Sampe di kantor, pas jam snack, gw seperti biasa cemilin kacang parang (broad beans / fava beans)

[link]

Gw sengaja belinya yang toasted n cuma pake garam doank, kaga pake rasa aneh-aneh. Soalnya kalo dia ada rasa BBQ or apa lah, itu kan pake perasa buatan = kimia = not good for the baby.

Kebetulan hari ni pas abis 1 bungkus. Gw emang cuma beli 1 bungkus sih. Terus eee.. colleague gw ngeliat terus ngomong

Coll: You eat that broad beans huh? You know, if you are pregnant, you cannot eat that.. (Gw kaga tau dia tau darimana gw hamil. Wong gw belom kasih tau sapa-sapa. N kalo di kantor, gw selalu pake baju yang longgar + jaket kebesaran.. So, gw ga tau dia tau gw hamil or kaga yeee..)

Coll: If you eat that, the baby can get retarded. You know.. Baby bisa cacat! (Dia orang Malay, jadi kalo ngomong ya compar campur kaya es campur.. laaah jadi pengen es campur -_-!)

Colleague gw seakan ga puas ngomong ke gw yang dari tadi bengong n diam (saking shocknya karena dah mo ngabisin 1 bungkus kacang parang n baru tau kalo itu sebenarnya ga boleh!!), dia ngomong juga ama colleague gw yang laen (cowo).

Coll: Really! Especially during first trisemester, cannot eat! My Gynea also say that.

Coll cowo: Yeah.. better safe than sorry. Jangan macam-macam lah..
(Dia orang Indo, jadi kalo ngomong juga gado-gado.. lah sekarang jadi pengen gado-gado pake kerupuk -_-!)

Coll: Reader's digest also says cannot eat that bean. You can ask ** also (** itu Colleague gw yang laen, cewe.. cuma anaknya dilexia).

Waktu gw denger gitu.. gw cuma diam. SHOCK BO!! Halooooooo???? Gimana perasaannya waktu denger kata CANNOT EAT, BABY RETARDED, CACAT... dan gw baru mo abisin 1 bungkus kacang???

Gw buru-buru sms hubby gw. Serius gw nangis... Gw takut banget! Selama ini gw makan yang sehat buat baby gw biar jadi anak yang pinter, ini malah diancam-ancam baby gw cacat, idiot.. AMIT AMIT YA TUHAN, KASIHANILAH HAMBAMU YANG BANYAK DOSA INI...

Gw bilang ke hubby gw kalo gw takut.. Hubby gw sih tenang-tenang aja. Dia cuma taunya kalo hamil kaga boleh makan yang mentah. Tok. Lah gw yang makan n yang ngurus tentunya lebih tau mana yang boleh dan ga dooooooonk. Dan slama ini, gw browse any pregnancy websites, kaga ada tuh yang ngelarang makan broadbeans! Apa itu karena websites yang ada kebanyakan dari Amrik sono kali yee, dan si bule kan mungkin kaga biasa makan kacang parang, makanya ga umum ditaro di website-website.

Anyway, gw browse lagi n nemuin bahwa: broad beans itu ga boleh dikonsumsi ama orang yang punya penyakit G6PD.

Glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD) is a genetic disorder that occurs most often in males. This condition mainly affects red blood cells, which carry oxygen from the lungs to tissues throughout the body. In affected individuals, a defect in an enzyme called glucose-6-phosphate dehydrogenase causes red blood cells to break down prematurely. This destruction of red blood cells is called hemolysis.

Terus, kalo orang tuanya ada carrier G6PD, ga boleh makan broad beans karena bakal memperburuk kondisi n membahayakan bayi (ada kemungkinan bayinya jadi retarded or cacat).

Legakah abis baca itu? Well.. not really, soalnya kan kita ga tau kita ada carrier G6PD ini ato kaga, unless ya ditest di RS gituh.

Anyway, gw cuma bisa doa (n buang broad beans yang tadinya mo gw makan. Cuma 1 genggam sih, tapi itu batch terakhir dari 1 bungkus tadi). Mau gimana lagi coba?? Pasrah loo. Gw cuma bisa bilang ke Tuhan kalo gw, hubby gw n keluarga gw selalu doain nih baby, bahkan kita juga suruh baby kita buat doa juga (Gw percaya kalo baby gw dah bisa doa, sekalipun masih dalam kandungan). Jadi cuma bisa percaya that God will protect the baby.

Sorenya, gw mikir.. ntar malam makan apa ya? Hubby ga bakal ikut dinner soalnya dia ada urusan, bakal balik malam. Gw kpikiran mo makan saba fish aja deh. Semenjak gw hamil, gw emang usahain makan telor n ikan yang banyak, katanya bisa bikin babynya pinter (amin).

Gw penasaran, hamil boleh makan saba fish ga ya? Soalnya kayanya ga ada mention soal saba fish deh. Daaaaaaan... shock kedua.... saba fish = mackerel which menurut sebagian websites, mackerel tuh high mercury, GA BOLEH MAKAN! Tapi ada websites lainnya yang bilang AMAN BUAT DIMAKAN! Daaaaaaan.. untuk bikin nambah bingung, ada websites yang cinta damai, ga memihak mana pun, bilangnya: kalo Mackerel biasa or Spanish Mackerel, boleh makan, asal jangan King Mackerel ajah.

........ Lah bok! Mana gw tau saba tuh Mackerel jenis apa! Secara cari di websites mana juga kaga ada yang kasih tau. Belom lagi pas gw nanya ke colleague gw yang bisa bahasa Jepang

Me: Eh, what do you called Mackerel in Japanese?
He: Saba
Me: How about King Mackerel, Spanish Mackerel? Is there any other name?
He: .. Western Saba looo..

-_____________________-!!! *menyesal buang waktu nanya*

Oh well.. for safety sakes, no saba tonite / forever until further notice lah.

Padahal selama hamil, gw dah makan saba fish 3x :'(

Oh baby... hope you are fine... May God protects you, my precious.

Gw ga minta macam-macam kok. Gw cuma mo baby yang sehat, pinter (ga perlu sampe genius), normal, ga nyusahin. Ga perlu anak yang spesial multi-talent gitu deh, gw yakin seminim-minimnya Tuhan kasih, at least Dia bakal kasih 1 talent. Asal anak gw ada kemauan, pasti talentnya bisa bertambah.

Ga perlu genius juga, asal dia pinter n rajin, pasti dia ga kalah jauh ama si genius.

Gw cukup punya ordinary child kaya orang-orang kebanyakan punya. Yah.. kalo dikasih yang super cute ngegemesin n bikin ngiri orang etc sih gw anggap bonus deh dari Tuhan.

Is that too much to ask? I don't think so

Lagian, gw juga ga take Him for granted. Gw ga makan sembarangan n seenaknya dengan embel-embel 'kan gw dah doa sebelom makan. Gw dah minta Tuhan protect anak gw, jd gw ga perlu kuatir, bisa makan sepuasnya'. NOOO! BIG NO NO! Gw ga sefanatik itu lah. Gw tau diri. Gw tau kalo gw juga harus berusaha jaga baby gw TAPI gw juga nyadar gw ga bisa jaga dia sendiri.. I need God to help me.

Lha ini, uda diusahain makan yang sehat, tetep aja ada yang kecolongan.. God shows me how vulnerable I am. He reminded me that I need Him. If the baby is healthy, normal n smart, it is NOT because of me. It is simply bcoz of His mercy and grace..

Dan ini bukan bermaksud fanatik.. Gw rasa, ini adalah sikap hati yang harus dimiliki semua calon mama. Afterall.. we just mere humans, we need God.

No comments: