Wednesday, May 30, 2012

What To Eat?

Yang namanya hamil, pastinya harus jaga makan.

Apalagi skarang baby gw dah bisa telan apa yang dia makan, jadi harus kudu dijaga banget.

Slama hamil, gw ga makan sushi or sashimi (Ini gampang, soalnya emang ga hamil pun gw ga gitu suka sushi or sashimi haha!). Trus kalo makan daging, gw bakal make sure dagingnya matang 100%. Kalo dagingnya ada warna kemerah-merahan dikiiiiiiiiiiiiit aja, gw dah buang or kasih ke hubby gw. Well.. better safe than sorry lah yee.

Katanya, lagi hamil harus cut off the carbo n lebih banyak makan protein. Jadi gw tiap hari makan telor n banyakin makan ikan. Ini sih kata nyokap biar anaknya pinter.. Terbukti dengan kakak gw yang otaknya lebih encer dari gw (lah, emang waktu hamil gw, makan apa nyaak?? Kok gw otaknya ga encer?? ;P).

Tadinya gw agak takut makan dairy products kaya susu, yoghurt, cheese bahkan ampe cream soup juga gw ga berani makan. Alasannya? Takut ga aman, takut pake unpasteurized milk gitu deh. Cuma seuda cek sana sini n cek Gyne, ternyata kebanyakan product itu pake pasteurized milk karena unpasteurized milk cenderung ga aman (banyak bakteri etc). So, gw dah lumayan berani makan.

Gw juga ga gitu berani makan ice cream or cheesecake (inget posting gw yang ini khan). Pertama, takut diolahnya pake telor mentah. Kedua, ada jenis keju tertentu yang ga boleh gw makan (Tapi kata Gyne gw seh, most cheese I can eat, so should be ok). Jadi gw usahakan ga sentuh ini (lagi ~ secara gw dah sempet makan sekali -_-!).

Buat minuman, gw ga sentuh kopi, minuman bersoda or minuman beralkohol. Teh? Ya sama.. dah ngga gw sentuh lagi hix hix.. T^T. Jadinya cuma minum aer putih, jus, n soya milk or susu.. kadang minum Milo juga sih, tapi sekarang dah jarang :D

Gw juga tiap hari makan buah. Biasanya gw bawa buah ke kantor buat dimakan pas jam 3 (pas tea break.. skarang jadi fruits break kali yeee..). Buah ya bisa macam-macam, kcuali nanas. Kata Gyne seh gw bisa makan buah apapun, cuma ya.. saran ortu n orang jaman baheula lainnya, jangan makan nanas karena nanas sifatnya "dingin" (Yin) n bisa harm the baby.. soalnya cewe hamil tuh butuhnya yang "panas" (Yang).

Masalah Yin n Yang ini juga diterapkan ke makanan, khususnya sayur. Teman gw bilang, selama hamil, jangan makan sayur yang sifatnya "dingin" (Yin) kaya paria, ketimun, etc.

Gw jadi bingung seh.. kan ceritanya gw pengen anak gw rambutnya lebat. Nah, katanya kalo mo rambut anak lebat, harus makan kacang ijo. Lah, kacang ijo bukannya sifatnya Yin ya? ga bisa makan dong?? Bingung gw -____-! Anyway, ntar harus research lagi deh

Soal makan, gw jadi inget waktu pertama gw ketemu Gyne gw. Waktu itu gw baru hamil 6 minggu tapi berat dah naek ampir 1 kg. Gyne gw bilang, makan gw harus dijaga, kalo ngga.. ntar by the end of the day berat gw bisa nambah 20 kg!

Menu gw tiap hari (sebelom hamil):
- 8.30am 3 slices roti pake peanut butter
- 10.00am snack time.. makan kacang or pisang
- 12.30pm lunch (nasi 1 mangkok + 1 daging + 1 sayur)
- 3.00pm tea break, biasanya gw minum milo or makan pisang
- 7.30pm dinner

Kalo laper, gw biasanya makan buah or kacang or snack or coklat.

Seudah nurut kata dokter (n kata mama gw), akhirnya menu gw ganti ke..
- 8.30am telor rebus
- 10.00am 1 slice roti pake peanut butter
- 11.00am kacang (cukup 1 genggam saja, ga boleh lebih)
- 12.00am lunch (setengah mangkok nasi + 1 daging + 2 sayur --> harusnya, tapi kadang gw skip bagian sayurnya :P)
- 3.00pm makan buah
- 4.00pm --> jam kritis masa-masa ngantuk.. minum jus or susu coklat
- 7.30pm dinner (setengah mangkok nasi + 1 daging + 2 sayur --> harusnya, tapi kadang gw skip bagian sayurnya :P)
- 8.00pm makan buah or yoghurt

Yah gitu deh. Dan... pas gw balik lagi ke Gyne, eee.. turun setengah kilo!! Ga takut sih, soalnya gw yakin baby gw sehat :) Moso makannya cukup bergizi gitu babynya ga sehat hanya gara-gara berat mamanya turun... Impossible itu namanya :P

Gw cerita ke hubby gw, "Eh, seuda ga ngemil berat sy turun setengah kilo looh!!". Hubby dengan santainya bilang, "Ya iya.. yang bikin gendut tuh ya ngemilnya kamuuu.." -_-!

No comments: