Sunday, February 10, 2008

Ka Im Tong - 10 Feb 2008

Hari ini ke gereja.


Wah.. udah ga sabar pengen ketemu anak-anak perpus n teman-teman lainnya. :)
Di gereja saya ada 4 kebaktian umum:
Kebaktian Umum I jam 7.00
Kebaktian Umum II jam 9.30 (dalam bahasa Mandarin)
Kebaktian Umum III jam 9.30
Kebaktian Umum IV jam 17.00
Dan ada 2 kebaktian Sekolah Minggu: jam 7.00 dan 9.30
Kalau kebaktian remajanya, jam 7.00

Saya ikut kebaktian yang jam 7.00 soalnya mau ketemu banyak orang sihh..

Dulu waktu saya masih pelayanan di perpustakaan KIT, saya mau ga mau harus ikut kebaktian jam 7.00 karena perpustakaan emang bukanya seudah KU I selesai sampai jam 12.00an. Nah, selama masa pelayanan itu saya banyak kenal ama jemaat, baik itu yang ikut KU I, II maupun III.

Well.... sebenarnya sih jarang banget ada jemaat yang ikut KU II yang suka pinjem buku di perpus. Pernah sih ada satu dua orang yang jadi anggota perpus, tapi itu waktu perpusnya masih sediain buku dalam bahasa Mandarin. Tapi karena peminat buku Mandarinnya jaraaaaaaaang banget (hanya satu dua orang jemaat doank), jadinya buku Mandarinnya diungsikan entah kemana. Dan lemarinya dijadikan lemari pribadi untuk tim musik (diisi ama buku-buku lagu tim musik).

Yah, sedih juga sih. Generasi sekarang ga gitu tertarik gimana ama Mandarin. Makanya...yang ikut KU II kan kebanyakan lansia. Masalahnya adalah, waktu jemaat lansianya meninggal, berarti jemaat KU II berkurang. Nah, kata 1 majelis, kalau sampai jemaat di KU II udah sedikit, maka KU II akan ditiadakan, alias jemaat lansia lainnya yang tersisa harus gabung ke kebaktian bahasa Indonesia lainnya. Wah, dengar gitu sih mama saya langsung bilang, "Pokoknya, kalau sampai kebaktian bahasa Mandarin ditiadakan, mama langsung cari gereja lain. Iiihh... mama mah ga ngerti atuh kalau pake bahasa Indonesia. Pusing.."

Yah, semoga jangan ampe ditiadakan deh. Sayang banget. Apalagi gereja kita'kan gereja Chinese, masa ga ada kebaktian bahasa Mandarinnya.

Ok, anywway.. Seudah kebaktian selesai, saya langsung ke perpus. Sempat ngobrol ama beberapa jemaat :). Sayang, pendeta saya lagi pergi ke luar kota :(, padahal pengen ketemu. Pendeta saya ini udah dekat banget ama keluarga kita. Dulu waktu saya mau ke SG, dia ajak kita sekeluarga untuk doa bareng di ruangan dia :). Beberapa orang bilang kalau dia itu kaya malaikat. Nah, pendeta ini juga yang suruh (sampai mendoakan -_-!) saya untuk sekolah teologia :P.


Sampai di perpus, langsung disambut ama anak-anak perpus hehehe... Sayang, ada 2 orang yang kurang :(.

Ini foto yang diambil pas tahun 2002. Waktu itu anggota perpusnya berenam.



Saya yang paling senior (= tua T_T), ada 1 yang masih kuliah (ga ada di foto), dan kiri kanan saya itu masih pada sekolah, kecuali yang paling kanan...dia seumur, tapi manggil saya cici -_-!

Sekarang perpusnya udah nambah personil...dan kehilangan personil lamanya juga T.T
Saya pergi ke SG, dan ada 1 anak yang udah lama ga kedengaran kabarnya...

Tapi anak-anak perpusnya berhasil merekrut 2 orang personil baru :). Yang 1 sih teman PA saya, yang 1 lagi belum kenal :P

Perpusnya sekarang lagi di-'upgrade'. Katanya mau pake sistem barcode.



Makanya waktu datang, ck..ck..ck.. berantakan banget!! Kalo dah gini suka mikir...napa yah mereka ga rombak pelan-pelan aja... Jangan acak2in bukunya gituh....




Saya ga ngerti kenapa bukunya harus diacak-acakin n dikeluarin semua. Apa ga bisa bertahap gitu yah? Maksudnya, kenapa ga minggu ini barcode-in kategori A. Jadi jemaat ga boleh pinjem kategori A dulu ampe selesai ditaro barcode-nya, tapi mereka boleh pinjem buku kategori lainnya.

Nah, kalau udah acak-acakan gini'kan malah jadi pusing. Pusing bagi jemaat dan juga bagi petugas- buku yang boleh dipinjem yang mana? moso harus cek satu-satu, mana yang udah selesai ditaro barcode?. Hhh.... yah, itulah kelemahannya perpus dari dulu. Sistemnya ga bagus. Kurang komunikasi antara petugas lapangan dengan ....yang pegang pelayanan ini juga (tapi ga tugas di lapangan ;P)

Untung bagian kasetnya udah lumayan selesai, walaupun belum semua..

Buku-buku yang kita punya lumayan banyak. Kalau dilihat dari foto, yang di tengah itu sebenarnya untuk buku referensi. Buku-buku bagus yang lumayan mahal, kaya ensiklopedia, kamus Oxford, Alkitab dalam berbagai versi termasuk yang dalam bahasa Yunani dsbnya. Makanya waktu AC diatasnya rusak, sempat panik juga..




Di bagian kanan, itu untuk buku-buku tentang kehidupan Orang Kristen, tokoh-tokoh Kristen, kehidupan keluarga Kristen, doktrin-doktrin dsbnya. Yang di kiri, itu untuk buku anak.

Buku anaknya lumayan banyak juga. Dibagi jadi 2, yang cerita Alkitab dan yang bukan. Tiap pemegang kartu anak hanya boleh pinjam 2 buku doank, satu cerita Alkitab dan satu lagi cerita bebas. Tapi dasar...dasar... Anak-anaknya pada malas pinjem buku cerita Alkitab, akhirnya mereka pinjem kartu ortu mereka. Kan kalau pake kartu anggota dewasa boleh pinjem 2 buku apapun, jadi biasanya si anak bakalan pinjem 2 buku cerita bebas -_-!

Ada majalah juga sih, tapi ga up to date. Maklum, yang majalah itu biasanya sih sumbangan orang.



Kita juga pinjemin kaset, CD, DVD dan VCD. Makanya ada TV di atas tempat kaset. Supaya jemaat bisa cek VCD/CD/DVDnya jalan ga...

Dan, inilah tempat para petugas melayani para jemaat. Mejanya terlalu pendek. Jadinya kita agak kewalahan kalau lagi rame. Jemaat yang ga sabaran bisa pada self service gituh. Ambil kartu mereka sendirii n tulis sendiri, terus pergi sambil bawa pinjaman mereka. Pernah ampe 1x kebablasan lho! Waktu kita cek kartu jemaat itu, ya ampun!!! Ga ada 1 tulisan pun dari petugas! Semuanya tulisan dia doank!! ck..ck..ck... Yah, kalau lihat dari segi positifnya sih, masih mending dia catat apa yang dia pinjam, ga langsung pergi bawa pinjamannya (Yang kalaupun hal itu dilakukan, sepertinya kita juga ga tau -_-!).

Perpus kita emang di bawah tanah banget. Lihat di bagian kanan, itu tangga turun ke perpusnya. Karena di bawah tanah dan ga ada jendela, yang artinya sirkulasi udaranya ga bagus mengakibatkan ruangan perpusnya suka bau. -_-!

Memang kalau mau dilist apa aja kekurangan dari perpus ini, wah bisa-bisa daftarnya panjanggg banget. Saya ambil beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Perpus ini terlalu 'terbuka'. Bisa diakses banyak orang. Maksudnya, kunci perpus itu bisa berpindah ke satu orang dengan yang lainnya yang bukan petugas perpus. Sampai hari ini saya ga tau sapa aja yang pegang kunci. Dan orang-orang ini pada keluar masuk perpus di hari biasa. Yang pada akhirnya...menyisakan 'sisa-sisa' yang harus petugas bersihin pas hari Minggu. Mereka kadang bikin dekorasi dsbnya di dalam perpus. Kadang juga ngumpul untuk ngobrol-ngobrol sambil makan. Coba bayangin! Gimana ga malu, waktu perpus dibuka, ee... di meja ada sampah bekas bungkus makanan, padahal didepan pintu udah ditulis gede-gede: DILARANG MEMBAWA MAKANAN/MINUMAN kedalam perpus. Karena orang-orang bisa keluar masuk perpus seenaknya, banyak barang-barang perpus yang hilang. Mereka mungkin pakai dan ga balikin lagi...

2. Tidak adanya disiplin. Waktu itu ada 1 jemaat mengeluh ke saya. Dia bilang, dia ajak temannya yang dari gereja lain ke perpus. Pas datang, temannya nanya ke dia, "Ini perpus ya?". Wah jemaat itu bilang ke saya, "Duh San, saya malu! Di perpus, mereka ngobrol-ngobrol sambil dengar lagu-lagu sekuler". Memang sih, saya tahu.. Kalau hari biasa, perpus memang tetap buka. Tapi mungkin karena ga banyak orang yang datang, jadi petugasnya agak 'bebas'. Mereka dan beberapa temannya masuk ke perpus dan nonton DVD bajakan drama Korea. Pernah juga makan es campur di perpus. Wah, perpusnya udah kaya ruangan serba guna aje -_-! Malu'kan kalo diliat orang! Perpus kok kaya gitu? Belum lagi, karena komisi pemudanya dekat ama si koordinator, mereka bisa minta ijin untuk pinjam buku lebih dari 2 (ketentuannya'kan maximal peminjaman hanya 2 buku aja). Dan si koordinator ijinkan tanpa cek lagi apakah buku-bukunya ntar dibalikin/ga. Yang pada akhirnya membuat beberapa buku ga dibalikin lagi. Hilang selamanya...... :'(

3. Kurangnya komunikasi antara koordinator dan petugas lapangan. Petugas lapangan yang dimaksud adalah anak-anak perpus tentunya. Koordinator perpusnya sih hanya bertindak sebagai penanggungjawab terhadap majelis, tapi dia ga pelayanan di hari Minggu karena dia udah handle banyak pelayanan lain. Karena kurangnya komunikasi ini, saya pernah di'semprot' di depan jemaat lainnya! Jadi ceritanya, dulu ada 1 buku yang jadi buku refernsi alias ga boleh dikasih pinjam ke jemaat, hanya boleh untuk dibaca di tempat. Lalu, datanglah 1 jemaat yang nanya, boleh ga buku itu dipinjam? Saya bilang ga boleh. Dia agak maksa, akhirnya saya suruh dia nanya ke si koordinator. Dia balik dan dia bilang si koordinator udah ijinin. Ok, saya kasih pinjam. Minggu depannya dia gitu lagi. Nanya lagi boleh ga pinjam buku referensinya. Karena saya takut salah, ya saya bilang ke dia. Buku referensi ga boleh kasih pinjam. Kalau mau pinjam ya harus minta ijin si koordinator loo.... Dan apa yang jemaat ini lakukan? Dia marah-marah ke saya di depan jemaat lainnya! Dia bilang, "MASA SETIAP KALI SAYA MAU PINJAM BUKU INI SAYA HARUS MINTA IJIN DULU????". Lha ya iya atuh bu, namanya juga buku referensi'kan bukan buat dikasih pinjem -_-!. Seudah marah-marah gitu dan saya kasih pinjem bukunya tanpa banyak bicara (antara shock dan bohwat), ee...si koordinator datang, "San, buku referensi yang itu boleh dikasih pinjem". Ya elaa...baru ngomong sekarang seudah saya kena 'semprot' -_-! Bagus bangeet.... >:(. Dan dulu, waktu si koordinator bertugas jadi tukang beli-beli buku/kaset, dia beli apa yang dia rasa bagus tanpa mempertimbangkan apa yang dibutuhkan jemaat. Kita sebagai petugas lapangan tahu pasti jemaat butuhnya apa, tapi kita ga pernah disuruh beli buku dan kaset. Kita bahkan ga pernah ditanya apa yang jemaat butuhin! Pada akhirnya...buku or kaset yang si koordinator beli jadi 'ga laku'....

Masih banyak hal yang ga bisa saya paparkan disini. Pernah juga saya pakai perpus untuk tempat PA ama tim misi. Besoknya sang koordinator bilang kalau perpus itu ga boleh dibuka malam-malam. Kalau ada apa-apa ntar'kan dia yang tanggungjawab. Waktu itu sempat mikir, lha...jadi kalau mau makan, minum, nonton DVD bajakan boleh ya asal pas jam perpus buka? Hhh...bohwat! bohwat!

Walaupun sulit, tapi masih bersyukur kalau kita punya perpus. Sekalipun kecil dan letaknya di bawah tanah. (Bneran lho.. Makanya ga ada jendela dan jadi bau :P). Sekalipun ACnya bocor dan menghancurkan beberapa buku termasuk buku bagus seperti National Geography T_T. Sekalipun lampunya rusak dan ga pernah diganti-ganti ampe ruangannya jadi ga terlalu terang. Sekalipun banyak kecoa ampe di laci petugas harus selalu ada Baygon dan beberapa buku jadi bau Baygon. Sekalipun sistemnya kacau dan yang 'atas-atas' agak ditaktor n sulit mendengar bawahannya, tapi at least masih ada perpus.... ;P. Di GPBB aja ga ada :(

Seudah dari perpus, saya sempat keliling-keliling didalam gereja.

Ini ruang kebaktian untuk KU III. Depannya panggung yang lumayan besar, pastinya lebih besar dari panggung Sanctuary. Dan ada tirai penutupnya pula :)

Di sebelah kanan ruang kebaktian ini ada WC cowo dan kelas-kelas Sekolah Minggu. Di ujung lorong, itu tempat untuk latihan koor...

Di sebelah kiri ada ruang kelas Sekolah Minggu, WC cewe dan ruang rapat Majelis.

Di Lantai 3 ada ruang kebaktian KU II. Ruangannya lebih besar, makanya kalau ada yang married, biasanya disini... Memang wah, apalagi tengahnya pake karpet merah, upacara weddingnya bakalan keren :). Anyway...karena ini suasana CNY, jadi backgroundnya pake kain merah. Biasanya sih putih. Di belakang mimbar ada tempat duduk untuk koor.

Di belakang panggung ruang KU II ini bisa jadi tempat latihan koor atau ruang doa..

Kalau dipikir-pikir... Bersyukur KIT bisa punya banyak fasilitas. Saya menyadari ini waktu saya ke GPBB. GPBB'kan ga punya gedung sendiri. I mean... kita share ama kongregasi yang lain. Jadi, agak ga bebas untuk pemakaian ruangannya. Tapi KIT punya gedung sendiri yang bebas dipakai. Tapi mereka tetep aja mengeluh kurang ruangan. Padahal kalau diliat-liat, mereka punya banyak ruangan lho!

Mari kita list satu persatu:
- 3 ruang kebaktian (1 untuk kebaktian remaja/sekolah minggu gabungan, 2 untuk kebaktian umum)
- 1 loket: tempat untuk jemaat bayar janji imannya. Pake sistem komputer lho! Jadi, kalau kita udah bayar, dikasih receipt.
- 2 ruang untuk bagian administrasi
- 6 ruang untuk pendeta.
- 1 ruang serba guna
- 1 kamar church keeper
- 1 dapur
- 1 perpustakaan
- 1 ruang terbuka tempat anak-anak pemuda ngumpul-ngumpul
- 8 WC (1 WC cewe cowo, 4 WC cewe, 3 WC cowo)
- 20 ruang sekolah minggu
- 1 ruang rapat Majelis
- 1 ruang untuk koor (tempat latihan, taro buku musik or jubah koor)
- 2 ruang untuk MCM (Untuk yang urus Power Point dsbnya)
- 2 balkon (Untuk lantai 2 dan 3)
- 1 ruang misi
- 1 ruang untuk guru SM
- 2 ruang belakang panggung (tempat doa, atau persiapan sebelum manggung)
- 1 gudang
- 1 kolportase

Coba bayangin.... ada kurang lebih 20 ruang sekolah minggu yang 'nganggur' di hari biasa... Dan mereka masih ngeluh dan berebutan soal ruangan! Banyak hal yang belum bisa mereka syukuri. Kalau ikut milis mereka, wihh...prihatin deh -_-! Begitu banyak keluhan, kecaman, kritik pedas pada majelis dsbnya. Mikir-mikir...ga ada gunanya juga ikutan milis mereka. Cuma menuh-menuhin inbox saya ama junk mail doank. Email mereka ga ada yang membangun.

Dulu saya mau join milisnya karena saya pikir bakalan bisa tau keadaan gereja selama saya di SG. Sekarang, tiap kali baca emailnya kok kesannya kaya mereka ngajak berantem tapi online.. Biasanya sih mereka akan memulai email mereka dengan keluhan, kemudian kritik pedas yang diajukan pada majelis. Mungkin mereka juga nyadar kalau cuma berkoar-koar di milis ya ga ada gunanya. Mungkin majelisnya juga malas ikutan milis kalo tau isinya cuma kritik pedas dan keluhan doank. Kata-kata seperti, "Yah, kita ngomong ampe mulut berbusa di milis juga ga ada gunanya. Majelisnya dengerin ga?" dsbnya, juga tentang usulan kalau majelisnya diganti semua ama yang muda-muda karena yang tua dianggap ga mendengar yang muda alias sok tahu karena udah banyak makan asam garam dsbnya... menghiasi milis KIT yang buntutnya hanya memperkuat bitterness saya terhadap gereja itu.

Semoga...KIT bisa diubahkan. Jangan sampai 'dicambuk' dulu ama Tuhan baru berubah.. Sedih melihat bahwa di balik kemegahan gedung, dalamnya gereja sangatlah rapuh. Banyak jemaat yang mengalami bitterness. Ada yang ga mau ambil pelayanan lagi, ada yang keluar.. dsbnya.

Saya juga bukan orang yang benar.. Saya pernah mau pindah gereja. Sejak awal memang saya bergereja di KIT bukan karena itu gereja pilihan saya, tapi karena itu gereja keluarga. Dari mulai kakek nenek ampe ortu semua ada hubungannya ama gereja KIT, jadi saya pada akhirnya bergereja di KIT karena ga ada pilihan.

Sekarang setelah saya bisa memilih, maka saya memilih GPBB sebagai gereja saya. Sekalipun kecil dan banyak kekurangan.. Tapi yang terpenting bukanlah fasilitas semata yang bisa dinikmati dan dipuji orang, tapi hati para jemaatnya yang rela dibentuk Tuhan...

Pulang gereja, saya foto-foto dulu ama anak-anak Perpus. Udah diajak dari jauh-jauh hari sih hahaha!

Kita foto 2x. Pakai baju bebas... disuruhnya sih putih :)

Dan pakai baju tidur :)

Smoga anak-anak perpus bisa setia dlm pelayanan, se...gimana pun ladang pelayanannya -_-!

No comments: