Tuesday, April 12, 2011

Introducing.. The Company (Part III)

Basically g mo resign itu karena orang-orangnya yang lucu-lucu n aneh-aneh -_-! Ya ga semua lah ya, cuma MOSTLY yang diatas-atas gtu dyeeeh.

Mari g perkenalkan para tokohnya: (since company g terdiri dari 3 lantai jd g perkenalkan perlantai ajah)

LANTAI 1 - Finance n Admin
1. Bao Feng Yu (暴风雨) = storm
Ini dia kepala finance dept aka Finance Manager (FM). Biasa dipanggil si Bao Feng Yu atau si Nensi (nenek sihir - yang manggil ini cuma colleague g seorang yang org Indo). Cuma karena g ga tega manggil dia gini jadi g manggil dia dengan nama "si bawah" karena dia kan di bawah (lantai 1) gituh.

Kenapa disebut Bao Feng Yu? Alkisah di lt. 1 itu cuaca ditentukan bukan oleh matahari / hujan / cuaca luar, tapi cuaca dalam. Cuaca dalam ditentukan oleh 1 orang, ya si FM ini. Kalo dia happy, ya berarti cuacanya cerah. Kalo dia bete, ya cuacanya badai loh. Maka kita-kita yang berurusan ama si FM selalu nanya ramalan cuaca ke staffnya, "how's the weather today?". Dan mereka seringkali bilang "today Bao Feng Yu= storm". Nah itu artinya: jangan berurusan ama si FM kecuali kalo mepet n butuh bangett.

Orangnya ga susah untuk dideskripsikan. Cukup 1 kata.. "RESE". Yah, karena orangnya rese dan segalaaaa mau tau, segalaaa mau pegang kontrol. Cita-cita jadi leader (terpampang jelas dikantornya ada tulisan "LEADERSHIP IS...". Apadaya dia bukan boss, cuma FM.. maka jadilah dia orang yang paling disebelin di kantor. Banyak yang resign salah satu alasannya ya can't get along with her.

Suka cari muka. Ini keliatan jelas waktu g baru masuk kerja. G lakuin kesalahan, terus pas boss gede lewat depan ruangannya n dia langsung dengan suara lantang, "Susan! saya kan uda bilang BERKALI-KALI harus begini.." sambil tersenyum ke boss. Lha g baru masuk beberapa hari, ketemu dia juga baru berapa kali, kapan dia ngomongnya??? Malah kesannya dia uda ngomong ke saya berkali-kali. Cari muka banget laaa..

Kasian sih. Kalo makan siang, dia 1 meja sendirian, sementara semua staff dia ngumpul di 1 meja lainnya yang jauuuuh dari dia. Semenjak g n beberapa orang dabao n lunch di kantor, dia akhirnya ga pergi-pergi lagi n lunch di kantor juga.

2. Staff si FM - sorry ye ga g perkenalkan karena mereka "ga jelek-jelek" amat. Paling suka lempar-lempar kerjaan dikit..

3. Admin + purchaser Admin g udah umur 50++. Udah nenek-nenek punya 1 cucu. Yang ini kerjaannya suka lempar-lempar kerjaan. Kalo dia cuti, g harus cover kerjaan dia. Giliran g cuti, dia kaga mau cover kerjaan g malah bilang kalo kita beda department jadi ga bisa cover -_-!

Sukanya "ngajarin" orang gimana kerjain kerjaan dia. Dia bilang "bagus buat pengetahuan dan bekal kalau mau kerja di perusahaan lain", tapi begitu kita bisa kerjain, jadilah kerjaan kita seterusnya -__-!

Suka bagi-bagi makanan. Yah kadang-kadang lah. Tumben-tumbenan gitu

4. Admin Assistant Yang ini orang baru. Belum jelas orangnya gimana..

LANTAI 2
1. Mi Won (kaya nama bahan penyedap) Orang Myanmar. Nama aslinya ya.. mirip-mirip Mi Won, makanya kita sebut gtuh. Orangnya poloooos banget. Disuruh apa, mau. Sayangnya bahasa inggrisnya ga jelas dan itu bikin dia ga disukai ama si mami.

Waktu itu kita pernah stock taking bareng.

Mi Won: "We need to count for the woof"
Me: "What?"
Mi Won: "Count for the woof"
Me: "Woof?"
Mi Won: "Yeah.. for the woof. The wooofff"
Me: "????" Cengo sambil mikir, ni Mi Won kenapa mengeluarkan suara seperti anjing 'woof woof' gitu
Mi Won: "For the woof top"
Me: "Oooooooooooo.... for the roof top!" 0__o

Dan banyak hal lucu lainnya karena inggris dia ga jelas. G hanya bisa bilang, beruntunglah company yang mepekerjakan dia dan.. kasihanlah dia yang bekerja di company ini.

Dia itu polooos banget. Kerja sepenuh hati sampe titik darah penghabisan deh pokonya. Mo sakit kek, mo lembur di rumah kek, semua sudah dilakukan. Tapi boss dia malah bilang "I don't trust him". Kasiaaan deh kamu Mi Won. Duh, cari kerjaan baru gih sana

2. Si kurus
Ini orang Myanmar lainnya. Dia lebih licik n karena si Mi Won polos, maka jadilah Mi Won bulan-bulanannya si kurus. Si kurus didepan boss berlagak sibuk, tapi ternyata oh ternyata kerjaan dia sebagian dikasih ke si Mi Won. -_-!

3. Ah Beng
Ini teman yang lumayan dekat. Orangnya suka banget beli lotere. Sampe-sampe kalo liat 4 digit angka, dia langsung kepikiran mo beli nomornya. Saking kecanduannya, pernah collegue g baru ngelahirin dia tanya, "eh, your baby what number? .. I mean his nameee.." Mo nanya nama aja jadinya nanya nomor -_-!

G dah pernah kasih tau dia supaya dia nabung buat masa tua dia. Dia dah umur 30an ampir 40 kali. Eee.. dia bilang kalo beli lotere juga nabung. Cuma ga tau kapan bisa ambil tabungannya itu -__-!

sisa orang-orang di Lt. 2 ga gitu gimanaaa gituh, jadi ga akan g bahas hehe

LANTAI 3
1. Alin - Colleague Indo
Orang Medan. Kalo ga suka, ya dia berani ngomong. Bagus deh ada orang kaya dia, paling ngga buat ngasih pelajaran ke salesman n orang-orang sok lainnya supaya behave.

Lagi pusing cari kerjaan baru juga. Cuma karena dia dah punya anak jadi ga bisa sembarangan pindah-pindah juga. Semoga dapat kerjaan baru dengan cepat deh ya...

2. Si tetangga - Colleague SG
Kenapa disebut tetangga? Soalnya dia ama g n Alin beda department. G ama Alin masih 1 department tapi beda kerjaan. Dia sih beda department tapi sama kerjaan ama g.

Orangnya rapiiiiiiiiiiiii, bersiiiiiiiiiiih.. Saking rapi n bersihnya, waktu luang dia dihabiskan di pantry. Cuci lap, cuci piring, cuci sink. Pagi-pagi aja dia uda lap komputer, lap keyboard etc. Cuma mungkin karena terlalu bersemangat, jadinya beberapa barang malah jadi rusak -_-!

3. Mr. Jutek
Oh Mr. Jutek... apalagi yang bisa g katakan tentangmu? kau adalah makhluk yang kompleks. Ngadepin makhluk yang 1 ini cuma ada 1 cara! CUEK!

Yup.. apapun yang dia katakan, cobalah untuk masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Jangan diproses di otak. Semua colleague yang bertahan dibawah dia pasti mempunyai sikap yang 1 ini, kalo ngga, 1 bulan juga dah ga tahan dyeeeeh

Kalo bner-bner ga tahan ama dia, cobalah lebih galak dari dia. Pasti dia menciut.

G ga akan banyak ngomong soal dia lah. Uda ada 1 post dedicated buat dia gitu lhoo. Bisa cek disini

4. Bossnya si tetangga
Orangnya lumayan rame. Boss impian lah (diantara semua boss di company ini). Bisa protect staff. Kalo staffnya disuruh ini itu sama department laen, dia bakal tanya staffnya ok / ngga buat ngerjain itu. Pokonya discuss ama staffnya dulu. Kalo kerjaan yang disuruh itu ga termasuk ke job scope staffnya, boss ini bakal menghadap ke kepala department lain itu buat klarifikasi napa staff dia harus ngerjain ini itu yang ga ada hubungannya ama mereka. Makanya staff dia jarang dibully khususnya ama si FM, soalnya FM ga berani macam-macam ama si bossnya tetangga.

Department dia ada lunch bareng 1 bulan 1x. Dibayarin ama dia laaa. Tapi dengan adanya kegiatan seperti ini, department dia jadi paling solid n kompak dibanding department lain. Kalo ada company event, dia mengharapkan 1 department dia duduk di 1 meja yang sama.

Orangnya teratur dan ada inisiatif. Ga semua kerjaan dia lempar ke staffnya. Dia bahkan bisa ngerjain kerjaan staffnya! Dia belajar pake sistem accounting yang hanya staffnya yang tau. Dengan begini, kerjaan staffnya jadi lebih ringan karena dishare ke bossnya ini.

5. Si Mami
Ini direct boss g ama Alin. Orangnya galak. Ga bisa protect staffnya. Kerjaan dia banyak karena posisi dia tinggi. Saking sibuknya, dia lempar-lempar kerjaan dia ke g. Malah dia pernah ngomong ke sub-con dia kalo g itu accounts!!! Kayanya dia ga tau g kerjanya apa deh.. Yang paling memalukan itu waktu dia mo tutup 1 project dia, dia bilang "Kalo project ini selesai, kamu urus ya... SAYA GA TAU APA-APA soal project ini". Halah halah... project dia, tapi dia bilang dia ga tau apa-apa... posisi dia lebih tinggi dari g gitu loh. Dia itu 1 tingkat dibawah director. Lha g cuma support.

Dia ga baca semua email dia (ini dia ngaku sendiri). Makanya kalo ada updates / reply, harus ke ruangan dia langsung n ngomong. Kalo kita kirim email, kmungkinan dia ga baca, ntarnya dia ngeluh ga ada update.

Dia mengharapkan bawahannya tau segalanya! Padahal ga semua email di CC ke kita dan ga semua hal kita tau. Tapi dia pengen kalo dia nanya something, kita bisa jawab -_-!

Sering lempar-lempar kerjaan sampe-sampe g takut lewatin ruangan dia. Waktu itu g masuk ruangan dia, dia lagi ketik email. Terus dia bilang, "saya lagi kirim email ke si A, ntar saya CC ke kamu. Supaya kalau ada follow up kamu bisa tau". Lah g bengong.. masalahnya apa.. si A itu ngapain? g ga tau apa-apa tiba-tiba di CC email yang ga ada kepala ga ada buntut. Pusying deeeh

Si mami juga orangnya ga mo ambil pusing. Makanya staffnya bisa dibully ama si FM. FM suruh ini itu yang ga ada hubungannya ama job scope kita, eee... si mami bukannya ngebelain malah bilang "udalaaa... kalian kerjain aja apa yang si FM mau. Duh saya ga mo dicerewetin ama dia. Kalian jangan bikin masalah lah ama dia. Kasih aja apa yang mereka mau". Tapi entah dia sadar / kaga dampak dari sikap dia, dia pernah ngeluh "kalian ati-ati ya sama si FM. Dia itu suka bully bawahan saya. Staff yang dulu-dulu aja resign gara-gara dia". Lah... kalo si mami aja kaya gini, FM minta apa staffnya suruh kasih, gimana staffnya bisa tahan???? Dan si mami malah nyalahin si FM. Ampyuuun deh

Dia juga orangnya takut tanggung jawab. Terlihat kalo mo meeting, pasti dia tarik 1 orang buat nemenin dia -_-!

Kerjaan g makin lama makin nambah itu karena dia. Yang bukan jobscope g aja jadi kerjaan g. Arrange meeting suruh g, padahal agenda dia ada di tangan dia. Jadinya kalo arrange meeting harus telepon customer, tanya available time, terus tanya si mami dia bisa/ngga, terus call customer lagi dst... Kaya bola pingpong deh. Datang ke meeting telat, suruh g telepon ngasih tau customer. Lah apa salahnya call langsung gitu loh, kok harus lewat g -___-!

6. Mei nu (美女) = beautiful girl
Dipanggil gitu karena dia cantik, mantan pramugarinya SIA. 3 bulan pertama kerja disini, dia dah ga tahan karena lingkungan disini keras. Maklum, dia kan pramugari, jadinya dia itu lemah lembut gtyu deh. Tapi seuda 1 tahun, dia sudah dipoles jadi wanita berani haha! Bahkan menghadapi bossnya.. si Mr. Jutek! Dia bisa berantem ama si Mr. Jutek sampe ga ngomong 2 mingguan! :P

7. Ye ye (爺爺) = grandpa
Dia director di company ini. Dipanggil Ye ye karena dia udah umur 80 tahunan. Dah tua banget. Tapi semangatnya ga bisa dikalahkan siapapun!! Berani datang ke kantor buat bersihin lemari doank -_-!

Well.. dah tua sih, jadi kerjaannya juga ga jelas gitu. Makanya dia suka cari-cari kerjaan.

Suka dibully anak buahnya karena dia dah tua tapi kedudukan tinggi ><

Sangat perhatian ama kita-kita, suka kasih kue, buah etc

8. Uncle
Salesman yang 1 ini dah cukup berumur. Tinggal nunggu usia pensiun deh. Makanya disebut uncle.

Orangnya blur-blur, nanya ga jelas gitu lah.

9. Bad boy
Salesman yang 1 ini paling parah. Datang telat, jam 12 uda bye bye dan ga bisa diharapkan balik kantor lagi. Pokonya kerja cuma setengah hari di kantor. Ngomongnya suka kasar. Kalo MC, biasanya kalo alasannya diare sih itu bohong. Soalnya pagi dapat berita dia MC karena diare, eee... sore bisa datang dengan muka cengengesan dan segar kaya yang ngga sakit. Di kantor sekitar setengah jam, dah gitu pulang lagi deh.

10. Boss A & Q
Kaya nicknamenya "A" for Answer and "Q" for Question. Karena ya begitulah.. Yang 1 emang tukang tanya tapi ga bisa kasih jawaban, yang 1 bisa kasih jawaban.

Si A lebih reasonable dibanding si Q. A tau kerjaan staffnya. Q sih ga tau, makanya suka lempar kerjaan ke orang yang salah :P

Q suka tidur siang di ruangannya. Makannya kalo lampu ruangan dia mati, belum tentu dia pergi, siapa tau dia lagi bobo di ruangannya xixixi...

Yah, ini hanya sebagian kecil dari orang-orang disini sih. Ga semuanya jelek kok, cuma yah... ga cukup untuk membuat g bertahan haha! Karena kalaupun mereka begitu baik, toh suatu saat mereka juga bakal pergi. So.. sebelum mereka pergi, mendingan g dulu hihihihi :P

No comments: