Thursday, March 3, 2011

Unreasonable Guy

Maafkan g kalo g jadiin ini blog ajang curhat dunia kerja g ><

Di kantor ini, banyak banget orang yang unreasonable. Bisa marah-marah tapi ya.. ga masuk akal gitu dyeh.

Yang paling sering itu si Mr. Jutek. Dari nama julukannya dah ketauan khan dia itu kaya gimana. Yup, orangnya moody, seringnya jutek. Moodnya bisa berubah-ubah seenaknya. Pokonya mood swing dia itu lebih parah daripada cewe yang lagi PMS deh.

Biasanya dia datang dengan muka bete panjang kaya pepaya muda (masih untung ngga busuk), muka dicondongkan sementara bahu dibungkukkan, persis burung nazar -_-! Tapi pagi ini, dia datang dengan muka berseri-seri bahagia kaya anak kecil masuk sekola untuk pertamakalinya (ini exclude buat orang-orang yang anaknya nangis pas hari pertama sekola). Siapa yang nyangka kalo ternyata moodnya itu jelek banget seharian -_-!

Pagi dia suruh g beresin 1 document. Pas dia email, e.. formatnya dalam bentuk .xlsx (ini buat format Microsoft Office 2007), ya g ga bisa buka soalnya kompie g dalam format Microsoft Office 2000. So, g telepon dia loo.

Me: "Eh, file kamu ga bisa saya buka. Bisa convert ke versi 97-2003 ga?
Mr. Jutek: "Apa maksud kamu ga bisa buka!? Saya ga ngerti gimana convertnya! Kamu kesini convert sendiri aja!"


Ya udah, since dia sendiri yang nyuruh g ke ruangannya buat convert filenya (Ya ela.. segaptek apa seh sampe convert file aja ga bisa??? Jelas-jelas di menu 'save as' ada pilihan 'save to 97-2003 version'. Sigh...)

G ke ruangannya. Eee... dia malah marah-marah! Dia bentak-bentak gitu.

Mr. Jutek: "Kenapa kamu suka ganggu saya? Saya kasih kamu 1 kerjaan, kenapa kamu harus balik lagi ke saya? Saya ini banyak kerjaan! Gara-gara kamu saya jadi ga inget mau ngerjain apa bla bla bla bla.."

Me: "Eh, saya ga bisa buka file kamu. Soalnya kompie saya kan masih pake program lama."

Yey.. dah dibilang bae-bae malah marah balik.

Mr. Jutek: "Kenapa kamu ga bisa buka? Kan kamu punya komputer baru! Kamu seharusnya punya program yang paling baru!"
Me:
"Komputer seh boleh baru, tapi luarnya doank. Programnya sih smua program lama punya"

Dan dengan unreasonablenya dia bilang, "Kenapa kamu ga punya program baru? Kamu harusnya punya donk!!" (yah pak... wa meng ti lah - ask the sky - meneketehe???? Kok nanya saya? Yang pasang kompie sapaaa, yang taro program sapaaa, nyuruh g harus punya program baru -_-! *deep sigh*)

Note bahwa apa yang dia omongin itu dengan nada tinggi setengah berteriak sampe 1 lantai kedengeran. Pastinya orang-orang taunya g lagi dimarahin tanpa tahu dimarahin kenapanya ><

Itu satu... Yang kedua...

Company g itu di bidang konstruksi. Jadi cara kerjanya gini.. Misal kita ada kontrak ama client kita buat bikin 1 rumah, gedenya kira-kira 100m2. Kita engage sub-con dengan kontrak ya kira-kira 100m2 juga. Nah begitu rumahnya selesai, pas diukur, eh.. gedenya ternyata cuma 95m2, ya client bakal bayar 95m2 doank dan kita juga bayar ke sub-con 95m2. Sekalipun sub-con nagih 100m2, tapi kalo client (berdasarkan site measurement) cuma mo bayar 95m2 ya sub-con juga ga bisa nuntut loo.

Nah, sekarang masalahnya gini..
Kita punya kontrak ama sub-con buat install metal ceiling 344m2.
Client cuma setuju bayar 297m2 + bayar buat extra metal ceiling (dalam pieces).
Sub-con kita uda nagih 344m2.
Ya karena dia overclaim, berarti dia harus issue CN (Credit Note) donk. G dah bilang ke si Mr. Jutek. Waktu itu Mr. Jutek bilang, "ok, saya ntar bakal telepon mereka suruh issue CN".

Minggu berganti minggu, musim berganti musim.. Gada kabar dari si Mr. Jutek. CN g mana???

Tadi si Mr. Jutek manggil bilang, "Eh, inget ga yang soal CN itu tuh? Mereka harus CN berapa $$ ya?". Ya ela.. jadi selama ini dia ga ngerjain ya -_-! G bilang g bakal cek dulu.

Waktu g cek, g liat kok quantitynya beda jauh ya. Beda 47m2 gitu. Apa mungkin sub-con claim 344m2 termasuk buat yang extra metal ceiling itu? So g ke ruangan si Mr. Jutek loo, mo tanya.

G baru bilang, "Mr. Jutek (ya tentunya ga manggil gini lah! Kalo bneran manggil dia gini, mungkin uda ditatap dengan tatapan burung nazar cari mangsa kali ye), saya liat di kontrak kita sama sub-con itu 344m2......"

Baru juga ngomong 1 baris gitu, eee.. dah dipotong n dimaki-maki!

Dia bilang, "Saya cuma mau tau berapa $$ CN yang harus mereka issue! Kamu kesini buat apa?? Saya cuma butuh quantitynya!! m2 nya!!"

G uda bete, "Eh! Dengerin dulu kek omongan saya! Baru mulai ngomong jangan dipotong dong! Saya mau tau sub-con claim 344m2 itu termasuk extra metal ceiling bukan?"

Mr. Jutek: "Extra apaan??? Saya ga ngerti maksud kamu! Kamu ngomong apaan?!".
Me: "Makanya! Baca dulu dong! Nih, client kan bayar kita sama extra metal ceilingnya..."
Mr. Jutek: "Saya cuma butuh m2!! Kontrak kita sama sub-con itu cuma m2! Kita ga pernah ngomong soal extra metal ceilingnya! Why you give me this SH**??!! Saya cuma mau kamu email ke saya berapa m2 dan berapa $$ yang perlu di CN!"

Cape dimaki-maki pake kata kotor gitu, ya uda g keluar. Nangis nangis deh. Sapa sih yang ga nangis digituin. Dipermalukan didepan seluruh kantor (inget, dia ngomongnya sambil teriak-teriak gitu, jadi pasti semua orang bisa dengar).

Ya dia maunya g email, ya g email loh. G email 'Mr. Jutek, issue CN 47m2 x $25 = $1,175'

Eee.. ga berapa lama kemudian dia telepon, "Kamu kesini, jelasin kenapa saya harus issue CN $1000an gituh!".

Dengan amat sangat betueeeeee buangeeett g ke kantornya. Terus g JELASIN LAGI yang tadi mau g jelasin tapi dipotong terus ama dia.

Me: "Client cuma mau bayar 297m2. Sub-con nagih 344m2"
Mr. Jutek: "Kok bisa banyak gitu perbedaannya??"
Me: "...." Lha, kalo ga beda jauh mah saya juga kaga bakalan nanya kamu atuh bapaaaak -_-!
Mr. Jutek: "Apa mungkin sub-con nagihnya termasuk yang extra metal ceiling?"
Me: "..." Lha, emangnye tadi saya ngomong apa??

BETE GA SIIIIIIIIIIIIIH????? DARI TADI DAH COBA NGOMONG AMPE MULUT BERBUSA, EEE DICACI MAKI, BELUM SELESAI NGOMONG MALAH DIPOTONG!! SEKARANG MINTA BALIK KE RUANGAN DIA BUAT JELASIN LAGIIIIII????????? TERUS DIA MENYIMPULKAN APA YANG DARI TADI GUA MAU OMONGIN KE DIA!!

Kalo kata Peggy Melati Sukma sih, "Pusyiiiiiiiiing!! Pusyiiiiiiiing!!". Cyape dyeeeeh....

Selesai sampai disitukah? Eits.. tunggu dulu..

Si Mr. Jutek ini kalo uda berantem ama orang, biasanya dia merasa ga enakan. Hal ini bisa jadi didorong oleh hati nuraninya, tapi lebih besar kemungkinan didorong oleh kebutuhannya -_-! Apa maksudnya? Yah.. ringkasnya seperti ini deh..

Ga berapa lama seuda marah-marah itu, dia datang ke tempat g dengan muka yang menunjukkan seakan-akan dia merasa bersalah. G seh cuekin dia aja. Terus dia berusaha membuka pembicaraan.

Biasanya dia bakal bilang ,"wah, you wear so nice today". Sayangnya hari ini g pake baju biasa, 2nd hand pula, bekas orang punya. Jadi dia ga bisa puji gitu donk, ntar keliatan boongnya. Jadi gimana? Dia liat kalo tangan g merah-merah alergi, terus dia bilang, "Wah, tangan kamu kok merah-merah gitu? Dingin ya?", katanya dengan muka yang penuh perhatian dan tati tayang (hoeek XP).

G balas dengan muka dingin, "What u want?". Terus dia dengan senyum dan nyengir kuda bilang, "I want you to do something for me.. I want you to help me".

Yah gitulah selama ini deal ama dia. Kaya kertas diinjak-injak, uda gitu pas butuh, dipungut lagi, dibersihin supaya debunya hilang dan ga lecek lagi. Haiya.. mas mas.. uda diinjek-injek, mau diseterika kaya apa juga, kertasnya bakalan tetap kotor dan ada bekas tapak sepatu diatasnya. Ga akan sebersih semula.........

2 comments:

Unknown said...

yg sabar y :)
how is ur new job? :D

Susan Yang said...

Thanks..

Haven't got a new job T^T

still looking, praying and waiting for HIS promise.. ><