Monday, March 7, 2011

In Singapore, U Can Take BMW Everyday! :D

Sekarang rumah uda lumayan dekat ama gereja n tempat kerja :)

Yang biasanya ke tempat kerja butuh waktu 30 menit, sekarang 15 menit pun cukup :D.
Yang biasanya ke gereja butuh waktu 1 jam, sekarang 30 menit pun cukup :D.

Sebenarnya transportasi di Sg uda lumayan bagus. Tiap hari kemana-mana pake BMW. Keren khan... Kalo di Indo, BMW itu mobil Buat Menarik Wanita. Tapi kalo di Sg, BMW itu... Bus, MRT, Walk -_-! Taxi neh? Yah... itu sih kalo ada $$$ extra buat dihamburin atau kalo lagi kepepet ama waktu wkwkwkwkwkw :P

Anyway... banyak banget kejadian aneh-aneh dan menarik waktu naek public transport, terutama di MRT. Dari mulai yang lucu, nyebelin, shocking, disgusting, pokoke banyak macamnya dheeeeeee...

Jalan-jalan pake public transport (selain Taxi) bakal bikin kita tau deh orang Sg itu kaya apa sebenarnya. Dari yang kiasu (takut kalah), kiasi (takut mati), strees, aneh, egois, etc..

Ngomong-ngomong soal kiasi/kiasu, terlihat banget pas jam-jam sibuk (pagi pas mo ngantor atau sore pas mo balik). Keretanya bisa penuh kaya sarden, dan... orang-orang kaga mo ngantri didepan pintu MRTnya. Pokoke berjubel gitu aja deh, saling himpit, saling dempet, saling gencet buat masuk. Haizz... padahal next trainnya paling cuma 3 menitan. Kalo pagi sih bisa dimengerti, tapi kalo pas pulang kantor? Hmm... antara dirush mo janjian ama orang atau simply emang ga tahan pengen balik ke rumah nyantai -_-!

Kalo soal orang-orangnya pada stress atau aneh.. bisa keliatan dari beberapa orang yang ngomong sendiri. Pokonya kalau ada yang ngomong sendiri, langsung deh g liatin telinganya. Kalo kaga ada earphone, nah.... harus waspada... :P

Ada juga yang... nyentrik. Bukan hanya dari dandanan (g gakan kritik soal dandanan lah, kan tiap orang beda selera..... walau sebagian seleranya aneh hihihihi..), tapi juga perilaku. Sepertinya orang tipe ini pengen jadi pusat perhatian. Jadi selain dari cara berpakaiannya yang ga sesuai umur atau gender (g pernah liat kakek-kakek pake dress n high heels lengkap ama make-up), biasanya orang jenis ini suka pasang lagu keras-keras. Yah... antara emang mo jadi pusat perhatian atau emang kupingnye budek, aye kaga tau. Yang pasti ngeganggu banget dah.

Bayangin aja, pagi-pagi.. masih agak ngantuk.. masuk MRT eeee... ada yang pasang musik rock & roll. Sepanjang perjalanan harus bertahan dari suara keras gituh. Stress deh. Belum apa-apa moodnya dah rusak. Atau pas pulang kantor.. cape-cape.. eee... masuk MRT ngedengerin musik dangdut atau Bollywood. Jadi pengen nari nyari orang yang pasang n complain.

G pernah 1 kali pas naek MRT, sepanjang jalan ada yang pasang lagu keras-keras, dann...... jadilah selama perjalanan itu g dengerin lagu "Nobody"-nya Wonder Girls 3x berturut-turut!!!!!! Alamakkk!! Nightmare deh. Uda mah lagunya panjang, dan kata-kata yang g ngerti cuma 1 baris reff-nya doank. Dalam 15 menit itu lagu sukses masuk list "lagu yang paling g benci" ><

Ada sih yang ngga pasang loudspeaker, tapi pake earphone. Cuma entah kenapa, sampe jarak 1 meter pun suara musiknya masih kedengeran! Antara earphone-nya jelek atau kupingnya yang jelek -_-! G yakin tu orang belum 5 tahun pasti jadi budek dah (atau emang uda budek kali ye).

Ada juga pengalaman yang disgusting, dari mulai liat orang yang ngupil, makan upil, lepasin sandal n gosok-gosok kakinya (jangan tanya bau kakinya dhee..), sampe ngeliat kursi berdarah. No.. bukan karena cewe haid. G suspect sih karena ada yang keguguran, soalnya darahnya banyak gituh. Dan walaupun orang-orang pada menghindari kursi itu, eee.. ada 1 uncle-uncle yang masuk n maen duduk aja di kursi jijay itu! Yiiiiiii.......

Di MRT sebenarnya lebih kelihatan wujud asli orang Sg (bukan.. mereka bukan siluman..). Ada yang baik, kasih tempat duduknya ke orang yang membutuhkan. Tapi lebih banyak yang egois. Cuek aje liat orang tua, pura-pura bobo/ baca buku liat wanita hamil, atau sengaja ga kasih tempat duduk sampe mereka turun dari MRT baru mereka kasih! Jadi sebenarnya mereka tau ada yang butuh tempat duduk, cuma mereka mungkin mikir, "Aiya... g 2-3 stop lagi dah mo turun. Sabar ye, Kek. Ntar saya kasih kursinya ke Kakek deh...... kalo kakek ga turun duluan." -_-!

Emang sih, yang ini godaan buat jadi orang yang egois itu tinggi terutama kalau kita uda cape dan tempat tujuan kita lumayan jauh. Jadinya pantat serasa beraaaaat banget buat bangun n give up the seat.

Kemarin pas kita mau pergi ke gereja, kebetulan ada 1 kursi kosong. Jadi g duduk sementara hubby berdiri, baca buku. 1 stop kemudian, orang sebelah g berdiri. Pas hubby mo duduk, ada auntie-auntie yang uda tua. Jadi hubby kasih tempat duduknya ke dia. 2 stop kemudian, auntienya berdiri n kasih signal suruh hubby duduk (yah emang di Sg itu sistemnya kaya pinjem tempat duduk. Kalo g turun duluan dari orang yang kasih tempat duduk ke g, g harus balikin :P). Pantat baru nyentuh tempat duduk, eee... ada uncle-uncle tua. Ya uda deh hubby kasih tempat duduknya ke dia haha! Untungnya jarak rumah ke gereja uda dekat, jadi hubby ga perlu berdiri lama-lama.

Hubby sih masih mau duduk kalau ada tempat kosong. Tapi ada juga teman g yang sama sekali ga mo duduk kalo masuk MRT. Dia bilang dia ga enakkan kalo liat orang tua disekitar dia. Lagian kalo mempersilakan duduk ke orang tua juga harus liat-liat. Kalo kasih ke orang yang ga gitu tua, bisa diterimakasihin, bisa juga dibete-in (kalo orangnya tersinggung.. pan masih merasa muda hehe..).

Dulu MRT ga separah sekarang sih. Cuma sekarang banyak pendatang n turis, jadinya kemana-mana penuuuh banget. Paling menyiksa itu kalau pagi-pagi pas mau kerja. Kalau kearah city, MRTnya penuh kaya sarden. Ga perlu takut jatuh deh! Soalnya digencet kanan kiri depan belakang.

Nah, sekarang bayangin kalau dalam situasi seperti itu kantor kita ternyata jauh dari rumah. Kira-kira 30 menit perjalanan pake MRT. Bukan hanya desak-desakan, tapi juga harus tahan napas karena banyaknya bebauan yang ngga jelas. Ya bau keringat (karena kan desak-desakan, panas dong), bau jigong (bagi yang ngga gosok gigi, n nguap terus), bau parfum yang menyegak (malah pengen bersin), bau rambut basah (bukan bau sabun loh), dan bau-bauan khas lainnya.

NYIKSA BANGET DAAAAH!! Kalao uda kaya gitu bawaannya pengen punya mobil sendiri. Yah... apa daya, dana kaga cukup. Disini mobil dah termasuk luxury.

Ngomong-ngomong soal luxury, MRT juga bisa jadi ajang mamer. Pokoke di MRT 90% orang pasti pake earphone n punya Iphone. Waktu Ipad keluar, wah.. banyak yang dengan bangganya bawa Ipad dan maen computer game yang sebenarnya bisa dimaenin di HP jadul, cuma kan kalo pake Ipad kesannya gimanaaa gitu lho.

Kalo kata orang Bandung, 'aya-aya wae lah pokona mah'.

Baru-baru ini g ketemu clip ini. Wahhh... cocok banget menggambarkan transport di Sg haha. Enjoy... :)

No comments: