Wednesday, October 8, 2008

Heart Attack - 08 Oct 2008

Banyak kejadian ga terduga di kantor saya akhir-akhir ini.

Ga tau kenapa, tapi semua masalahnya di Ceiling Dept. doank.

Ceiling Dept. terdiri dari:
1. GGM
2. Sales support
3. Project Supervisor
4. Draftman
5. Billing assistant --> that's me! :)

Masalah pertama datang waktu si Sales Support (yang Malaysian) resign. Saya pernah bahas di posting yang ini. Untungnya ada orang Indo yang gantiin dia. Senang juga, Tuhan emang tau apa yang saya butuhkan. Seudah sekian lama pengen punya colleague sesama negara, kesampean juga hehehe... Bisa ngobrol pake Indo juga. Ada orang yang "nyambung".

Tapi waktu itu tiba-tiba dia bilang ke saya, "Eh tau ga? Kemarin si Finance Manager manggil gua. Dia bilang S-Pass gua pending. Dia sih berasumsi kalo pending = di-reject. Jadi gua last day besok". Waktu dengar ya tentu aja saya kaget. Gile! 1 day notice gitu! Si FM keterlaluan banget!

Tapi sepertinya berita itu benar, karena pas kita mau ke kantor, eee... udah ada orang baru yang pastinya bakal ngegantiin si orang Indo ini. Orang baru ini SG-an. Umurnya mungkin udah 40++ or 50++.

Akhirnya, dengan training selama 1.5 hari, jadilah si SG-an seorang Sales Support. Sebelum berpisah, sang orang Indo sudah berpesan, "San, kamu harus ajarin dia lho. Dia ngga bisa Excell!!" And I just.. "WHAT???". Kok yang kaya gitu bisa diterima? Padahal bisa dibilang kalau 90% kerjaan kita'kan pake Excell. Oh well... mau gimana lagi? Yah nerimo aja loo..

Tapi.. err.. yah namanya cuma training 1.5 hari bisa seberapa banyak sih? Minggu pertama dia kerja, dia udah kewalahan. Banyak penjualan sih. Itu artinya banyak bikin D/O n Invoice. Nah, kalau udah bikin D/O 'kan harus dibawa ke warehouse. Jadilah dia naek turun office (lantai 3) ke warehouse (lantai 1) berkali-kali. Note: Ingat bahwa dia udah umur 40++ / 50++ Dan emang, seudah beberapa kali bolak balik, dia bilang, "Hhh.... I run to the warehouse and back to the office so many times.. I can die!!!" -_____-!

Belum lagi ada masalah sampai D/O-nya telat dikasih ke warehouse, akhirnya customer harus nunggu hampir 1 jam. Bahkan ada yang disuruh balik.

Karena ngga tahan / merasa ngga cocok ama kerjaan ini, pas disuruh tanda tangan letter of appointment, dia nolak. Tapi si FM terus mendesak sampai akhirnya dia tanda tangan juga. Dan... penderitaan pun dimulai....

Dia harus skip lunch. Minta saya da bao buat dia, sementara dia stay di office buat beresin D/O & Invoices. Belum lagi order-an datang pas lunch. Jadi, dia tetap sibuk ngurusin order-an sementara semua pada pergi lunch. Dia ngeluh ke saya, bilang kalau pas lunch juga dia ngga bisa beresin kerjaan dia karena telepon terus berdering. Banyak yang mo pesan barang. Saya suruh dia jangan angkat during lunch time loo... Ya iya laa! Apa bedanya dia ada di tempat n ga angkat, dengan dia pergi lunch n telepon ga ada yang angkat? Sama aja'kan? Toh itu lunch time. Emang harusnya ngga ada transaksi >:P

Bukan hanya skip lunch time, tapi dia juga OT!!! Kaget juga! Selama ini sih dari si Malaysian ampe si orang Indo pegang posisi ini, ngga pernah tuh saya lihat mereka OT. Weell.. si Malaysian pernah OT sih, tapi paling cuma 1-2x.

Dia sampe bawa kerjaan pulang!! Yang pada akhirnya dimarahin ama si FM, karena harusnya kita ga boleh bawa kerjaan pulang. Tapi karena tetap ngga beres, dia akhirnya masih bawa pulang.... diam-diam -___-!!

Setiap hari pastiii ada yang dia keluhkan. Dan dia ngga pernah terlihat happy. Kesannya sedih n stress. Dan bukannya saya ngga mau bantu dia, tapi emang ada beberapa scope kerjaannya yang saya ngga tau.

Para salesman dah pada sebal ama dia. Manager saya BT ama dia. Ada 1 manager yang ngga pernah marah, sampai marah bangettt n ngomong kasar ke dia! Colleagues saya pada kaget dengarnya, karena emang manager ini ngga pernah seperti itu sebelumnya.

Saking BT-nya ama si SG-an, akhirnya manager saya ini minta ke GGM buat pass beberapa kerjaan si SG-an ke saya!! Ya ampun... saya kena getahnya juga -_______-!!

GGM saya ngeluh n nanya apa si orang Indo mau balik lagi kerja ngga? Saya bilang kalau dia sih ok aja, asal bisa di-apply-in LOC.

Direktur saya juga nanya yang sama. Dia bilang kalau si SG-an ini "jelek" (Dia ngomong pake bahasa Melayu). Dia bilang kalau si SG-an ini udah 20 tahunan ngga pernah kerja!! (Ya ampun... kok bisa di-hire?), dan dia kerjanya lambat (Ya iya la.. kalo ampe selama itu ngga pernah kerja sih -____-!!)

Yang kasihan ya.. si SG-an ini. Dia'kan masih baru. Masih beradaptasi. Masih belajar. Dan saya tau kalau dia udah berusaha semaksimal mungkin! Bayangin... 1.5 hari training! Tapi dia masih berusaha dengan skip lunch n OT. Sesuatu yang harusnya ngga pernah terjadi seandainya si FM lebih pintar dan bijaksana! Ngga kick out si orang Indo begitu aja!!! Paling ngga, kasih waktu kek buat training si SG-an. Lagian, si FM udah tau kalo si SG-an ini udah 20 tahunan ngga pernah kerja dan NGGA PERNAH DO PAPERWORKS!!! Ngga tau Excell!! Kok masih maksa dia buat sign kontrak???? Si SG-an aja tau diri. Makanya dia ngga mau sign at the 1st place.

Akibatnya ya gini. Banyak kerjaan yang terbengkalai dan akhirnya si FM yang harus bantu. Bayangin! FM bantu bikin D/O hihihi... Padahal kerjaan si FM sendiri udah banyak. Nah, baru kerasa tuh gimana rasanya ambil keputusan yang salah.

Setiap hari, makin kasihan liat si SG-an. Dia stress ampe semua orang di kantor pada tau -___-! Dan dia sampe kehilangan selera makan. Dia ngga hanya mendapat hinaan di belakang, tapi juga didepan muka dia. Dia pernah disebut. "Piece of wood" ama si FM!! Kasar banget! Dan dia bilang, "Dulu waktu saya ngga mau sign kontrak, si FM bilang 'Don't give up! You can do it! We will help you!' Tapi sekarang dia marah-marah didepan colleagues lain ampe saya malu".

Dan karena saya ngga tega, dan emang banyak request dari para manager n direktur, akhirnya saya ajak si orang Indo untuk balik.

Masalah ini menggantung, datang masalah lainnya. Kali ini si Project Supervisor yang kena. Dia'kan statusnya Working Permit, dan dia mau ngajuin S-Pass. Eeee... S-Pass ditolak, WP-nya juga!!! Akhirnya mau ga mau dia harus balik ke India dengan meninggalkan project-project yang entah bagaimana nasibnya. Semua project itu bisa dibilang hanya dia yang tau. Jadi kalau dia ampe out... tau dheee

Mungkin karena masalah-masalah diatas too much to bear, akhirnya GGM saya kena serangan jantung hari ini -__-! Yup! Dia kena serangan jantung pas dia mau pergi meeting. Dia udah bilang kalau dia ngga enak badan. Ditengah jalan, dia sempat telepon Deputy Chairman saya, bilang kalau dia mo batalin meeting n kasih tau kondisi dia. Deputy Chairman saya suruh dia jangan nyetir n dia telepon colleague saya buat anterin GGM saya ke RS. Untungnya pas colleague saya datang, suami GGM saya + ambulance datang. Katanya, waktu itu si GGM udah basah oleh keringat.

Banyak masalah... Semoga bisa beres soon...

No comments: