Sunday, October 12, 2008

SG Economy In Recession!!!!

Akhir-akhir ini banyak teman saya yang tertarik untuk kerja di SG.

Well.... Saya hanya bisa bilang kalau sekarang ini sepertinya bukan saat yang tepat buat kesini n cari kerja. SG lagi resesi!!!! Harga-harga pada naek. Dan untuk dapat ijin kerja sekarang udah susah.

Hampir setiap hari saya baca koran, pastiii ceritanya tentang resesi.


Nih, berita-berita yang saya dapat.... (Saya garis bawahin bagian yang harus diperhatikan kalau mo nyari kerja di SG :P). Silakan click untuk memperbesar...


Menurut Bapak Tharman Shanmugaratnam, jumlah pengangguran bakalan meningkat...


Monggo dibaca, masih cerita tentang resesi sesuai dengan judulnya....


Resesi ini sepertinya ngga bakalan cuma bentar deh... Harus siap-siap 1-2 tahun kedepan :(

Jadi inget waktu resesi tahun 1997 dulu, teman saya ada yang ngga dapat kerja 1 tahun! Dan sekarang malah ada perkiraan kalau resesi kali ini bakalan lebih parah!!


Banyak yang di PHK...

Sekarang ini emang kondisinya ngga gitu baik bagi para pendatang. Beberapa colleague teman saya EP (Employment Pass)-nya ditolak. Padahal company udah mau hire mereka tapi karena EP ditolak, akhirnya mereka harus balik ke negara masing - masing.

Colleague saya yang orang India juga gitu. S-Pass ditolak, Working Permit-nya juga ditolak. Padahal dia udah kerja ampir 1 tahun disini. Akhirnya mau ga mau harus balik ke India.

Emang akibat resesi ini jadi banyak pengangguran baik SG-an maupun foreigner. Dan pemerintah SG'kan mo menekan angka pengangguran, jadi... foreignernya pada di-out-in dulu. Pemerintah mo priority ke SG-an / SG PR. Makanya, di pabrik-pabrik besar biasanya karyawan yang foreigner pada di PHK.

Ci V bilang, ada 3 ciri-ciri company dah siap-siap mo PHK orang:
1. Gaji ditahan
2. Gaji dipotong ---> ini beneran terjadi ama salah satu kenalan saya lho!! Dipotong ampe 5%!
3. Baru deh di PHK

Banyak orang stress berkeliaran sekarang... Ya iya laa.. Biaya hidup tinggi, dan kalau ampe di-PHK.... mau idupnya gimana? Stress'lah mikirinnya juga!

Para fresh graduate disarankan untuk tidak milih-milih kerjaan. Soalnya cari kerja sekarang susah!

Dan bagi yang udah dapat kerja, pikir-pikir lagi deh kalau mau nyari kerjaan baru. Jangankan cari kerja baru, para ibu hamil juga sekarang lagi pada cemas. Mereka kuatir kalau selama cuti hamil (3-4 bulan)'kan mereka ngga bakalan masuk kerja, means kerjaan mereka bakal dialihkan. Nah.. mereka takut kalau mereka di-PHK. Toh mereka'kan ga bakal kerja selama cuti hamil, so... what good to keep them? Mungkin itu pikiran beberapa perusahaan.

Bagi yang udah di SG sekarang tapi belum dapat kerja.... jiayou!! Bagi yang mau ke SG buat nyari kerjaan.. well, saya sih ngga ngelarang. Jalan orang beda-beda. Jadi... coba aja n good luck ;)

No comments: