Tuesday, December 4, 2007

1st Day @ My New Office - 03 Dec 2007

Hari ini 1st day di kantor baru.

Kantor saya letaknya agak "terpencil", ga ada bus dan juga ga dekat dengan MRT. So, kalau ke kantor biasanya karyawan pake company bus, sementara para manager n director pake mobil pribadi.

Waktu itu si HR Managernya udah bilang kalau tempat tunggu company busnya di belakang NTUC dekat Yew Tee MRT.

Pas saya sampai di Yew Tee MRT, saya cari NTUC-nya. Tapi ga ada pintu belakang, adanya pintu samping yang nembus ke bus stop dan semacam tempat tunggu company bus. Ada banyak orang yang nunggu company bus disana, jadi saya pikir company bus saya juga bakal berhenti disana.

Tunggu punya tunggu....kok ga datang-datang. Sebelumnya saya udah dikasih tau ciri-ciri dan plat nomor company busnya. Katanya sih company busnya bakal datang jam 08.15. Saya nunggu ampe jam 08.10, belum datang juga. Katanya sih kalau saya ga muncul, salah satu colleague saya bakal telepon. Saya pikir, kalau sampe jam 08.20 belum datang, saya terpaksa pake taxi ke kantor. Eee...tepat jam 08.20, saya ditelepon colleague saya. Ternyata memang tempat tunggu busnya di belakang NTUC (dan emang ga melalui pintu belakang NTUC).

Sampai di kantor, saya sign employment contract dulu. Dilanjutkan dengan perkenalan singkat. Benar-benar singkat! HRnya hanya nunjuk-nunjuk orang sambil sebutin nama orang tersebut n kasih tau nama saya ke mereka. Dan saya diperkenalkan ke semua staff yang ada hanya dalam waktu less than 3 minutes -_-! Ya...pastinya sih nama mereka ga ada yang saya ga ingat hahaha!

Gedung kantor kita ada 3 lantai.

Lantai 1 --> untuk accounts departement
Ada:
* 4 orang staff --> salah satunya selalu pake baju pink :P
* 1 orang finance manager --> yang merangkap jadi HR manager pula
* 2 orang administrator --> yang juga bertugas sebagai resepsionis karena cubicle mereka pas di depan pintu masuk. Salah satunya udah bekerja di company ini selama lebih dari 30 tahun.
* 1 orang cewe --> katanya sih dia ini istrinya pemilik gedung kantor ini. Orangnya modis, umurnya mungkin baru 30 something. Masih terlihat muda, cantik n sexy pula. Sering pake baju hitam, tapi dia selalu pake stoking hitam. Rambutnya keriting n dicat coklat. Keren banget deeeh.

Lantai 2 --> untuk bagian furniture.
Jadi ceritanya, company saya'kan tukang pasang lantai n langit-langit. Nah, company saya ini merge ama company lain yang jualan furniture. Gedung kantor sekarang ini sebenarnya gedungnya si furniture company. Dan lantai 2 ini ditempatin ama salesman dan sales support untuk bagian furniture. Saya ga tahu tepatnya ada berapa orang yang di lantai ini, soalnya waktu datang hanya ada 2 orang disana.

Lantai 3 --> untuk bagian ceiling n flooring
Saya ditempatin disini. Ada:
* 3 sales support --> saya salah satunya.
Over all, sales support kerjanya bikin DO, invoice, claim dan surat-surat lain yang berhubungan dengan project. Tapi kita masing-masing handlenya beda-beda. Saya handle semua yang berhubungan ama project dari 3 department (Ceiling, Metal Ceiling n Flooring+ Acrovyn). Colleague sekaligus mentor saya, handle untuk bagian supply. Dan 1 colleague lainnya handle untuk project juga kaya saya, tapi dia beda department (Access Floors).
* 5 orang salesman --> 3 cewe + 2 cowo, terdiri dari:
2 orang cowo dari Ceiling department
1 orang cewe dari Metal Ceiling department
1 orang cewe dari Flooring department
1 orang cewe dari Access Floors department
* 1 orang yang handle export
* 2 orang draftman --> 1 SGan + 1 Indian (asli dari India lhoo...bukan dari SG)
Nah, yang Indian ini udah dipromosiin jadi Assistant Project Manager. Jadi udah jarang banget gambar-gambar. Kalo si SGan sih....dia bilang lebih baik tetap menjadi draftman. Karena dia lihat temannya ini sesudah dipromosiin malahan lebih cape (harus ikut rapat ini itu, dealing dengan orang-orang di project site, tidur subuh, sabtu minggu masih kerja dsbnya). Dia bilang ga worth it dapat gaji lebih gede tapi kerjaannya kaya gitu. Akhirnya.....dia malah suka beli Toto or 4D (semacam lotre di SG) -_-!
* 4 orang Manager (untuk setiap department) --> 3 cowo + 1 cewe
* 1 orang Group General Manager --> cewe, kira-kira umurnya udah 50+ tahun
* 1 orang Director --> cowo, umurnya udah 70+tahun
* 1 orang Deputy Chairman --> cowo, umurnya mungkin 60+ tahun
* 1 orang Managing Director --> cowo, umurnya mungkin 50+ tahun. Dia ini dulunya managing Directornya furniture company sekaligus pemilik gedung perusahaan ini. Seudah merger, posisi dia ga berubah. Dia tetap Managing Director tapi handle furniture department. Dia ini suami dari cewe yang di lantai 1.

Emang sih dibandingkan lantai lainnya, lantai saya ini paling banyak orangnya. Tapi mereka ga terus-terusan di kantor. Yang fix dari pagi ampe sore mungkin hanya 4-5 orang aja. Sisanya kadang datang ke kantor, kadang ga. Bisa hanya 1-2 jam di kantor, terus pergi lagi.

Lingkungannya ok, dan saya punya mentor yg ok juga. Selain colleague, ada juga manager dan site people yang mau ngajarin.

Kantornya juga ok. WCnya bersih (kalo di company dulu'kan ke WC harus pake kunci n kotor pula -_-!). Ada pantry juga!!! :D. Gileee...........seneng bangettt!!!. Dasar...dasar... karena company dulu ga ada pantry, bahkan kopi or snack juga harus beli sendiri alias ga ada anggaran, makanya waktu liat kantor ini punya pantry, kesannya "wuaaahh..." banget. (kampungan yah XP). Sampe cerita ke teman-teman, "Kantor gua ada pantrynya lhooo...." *bangga*, padahal kayanya hampir semua kantor emang punya pantry -_-!

Oya, saya baru tau kalo saya gantiin posisi seseorang yang dah keburu resign. Jadi....saya ga tau 100% kerjaan saya sebenarnya apaan. Tapi katanya sih along the way saya bakal tau laa. Btw, kalo lunch karena mereka mother tonguenya kan mandarin jadinya mereka asyik aja ngomong sendiri. Tapi ga masalah laa...

Hari pertama agak sibuk dan cukup bikin sakit kepala since ga ngerti apa-apa tapi disuruh bikin ini itu...

No comments: